Ucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Wapres Ma’ruf Amin Sampaikan Pesan Ini untuk Masyarakat

2 April 2022, 20:06

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1443 Hijriah kepada masyarakat. 

“Kepada umat Islam di seluruh Indonesia, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” kata Ma’ruf dalam keterangannya, Sabtu (2/4/2022). 

Baca Juga: Hadiri Syiar Islam dan Tarhib Ramadan MUI, Wapres Tekankan Tiga Nilai Puasa

Dalam sambutannya ada satu doa untuk Indonesia, dia berharap di bulan baik ini kasus Covid-19 di Tanah Air semakin membaik. Ma’ruf pun turut mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah dan marabahaya.  

Ma’ruf menuturkan, berpuasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga terkandung makna tentang penghambaan kepada Allah, keteladanan Rasulullah, pengorbanan, dan keikhlasan. Ia mengatakan, berpuasa merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah sekaligus melakukan introspeksi diri, menjernihkan hati serta pikiran. Ma’ruf berharap, kegiatan keagamaan yang sudah dua tahun terdampak pandemi Covid-19 dapat berangsur membaik. 

“Umat Islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, tobat, istighfar, zikir, baca selawat, dan juga mengeluarkan sedekah,” ujar Ma’ruf. 

“Serta berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya dalam rangka daf’i al-bala’ atau menolak bala, khususnya dari pandemi Covid-19,” tutur dia 

Ia juga mengajak seluruh umat Islam Indonesia agar menjadikan Ramadan sebagai syahr as-shadaqah atau bulan untuk memperbanyak sedekah termasuk juga mengeluarkan zakat maal. Sebab, lanjut Wakil Presiden momentumnya begitu tepat, dan jangan menjadikan bulan Ramadan sebagai bulan yang lebih konsumtif. 

“Bulan Ramadan juga merupakan momentum bagi umat Islam untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” jelasnya. 

Baca Juga: Malika desak Wapres Cabut Pernyataan Wajib Booster Haram

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (3/4/2022). Sementara itu, sebagian umat Islam sudah mulai menjalani ibadah puasa hari ini karena Muhammadiyah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu (2/4/2022).


https://m.wartaekonomi.co.id/read404617/ucapkan-selamat-menunaikan-ibadah-puasa-wapres-maruf-amin-sampaikan-pesan-ini-untuk-masyarakat?utm_source=direct

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi