Jakarta, CNN Indonesia —
Fitur Yamaha Electronic Continous Variable Transmission (YECVT) di Nmax 2024 varian Turbo yang dikendalikan tombol Y-Shift di setang diklaim bisa menambah akselerasi. Namun apakah teknologi yang memainkan rasio CVT secara elektronik ini membuat Nmax jadi makin kencang?
Ferry Nurul Fajar selaku Technical & Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan fitur YECVT yang dijuluki turbo itu cuma menambah torsi. Hal ini bisa dirasakan pengendara ketika putaran mesin (revolutions per minute/rpm) naik lebih cepat.
“Sebetulnya kalau kita pakai Y-Shift ini yang naik adalah RPM, otomatis performa dan akselerasi nambah tapi harus kita gas dulu,” kata dia kepada wartawan di Sentul, Jawa Barat, Selasa (27/6).
Ia menjelaskan cara kerja Y-Shift ini mengubah rasio pulley pada CVT yang membuat pengendara seperti mendapat torsi tambahan sehingga bisa dipakai buat menambah akselerasi dan menambah kecepatan.
Saat tombol Y-Shift diaktifkan, kata Ferry, pengendara tetap perlu memutar tuas gas dahulu agar mendapatkan torsi ketika berkendara.
Mengaktifkan Y-Shift bukan berarti pengendara mendapatkan top speed lebih tinggi, melainkan hanya memberi kesempatan
pengguna menambah torsi dengan harapan akselerasi bisa lebih cepat. Top speed Nmax Turbo 2024 disebut Ferry mencapai 120 kilometer per jam saat pengetesan.
“Jadi kalau pakai motor ini, kita pakai Y-Shift, harapannya nambah kecepatan. Nah nanti dicoba, sebetulnya ini menurunkan atau mengubah rasio CVT jadi enggak langsung otomatis menambah speed, ya tapi rasio di v-beltnya berubah,” kata dia.
CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal NMax generasi ketiga ini varian TechMax dan TechMax Ultimate.
Tombol Y-Shift di Yamaha Nmax Turbo 2024 ada di setang kiri. (CNNIndonesia/Chandra Erlangga)
Fitur Y-Shift di motor ini memang tak menambah kecepeatan tertinggi saat dioperasikan. Namun pada saat hendak menyusul atau menanjak sangat berguna karena menambah torsi secara instan.
Kemudian Y-Shift ini juga bisa berfungsi untuk deselerasi. Dengan begitu, pada kontur jalan menurun bisa jadi salah satu opsi untuk memperlambat kendaraan sehingga tidak terlalu mengandalkan rem.
Fitur Y-Shift ini ada tiga tingkatan. Jadi pengguna bisa menyesuaikan level akselerasi dan deselerasi saat digunakan.
(can/fea)
[Gambas:Video CNN]