Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru, Sopir Selamat

30 May 2022, 10:10

Lumajang: Truk penambang pasir yang nekat beraktivitas di aliran Sungai Regoyo, Lumajang, Jawa Timur, terseret banjir lahar dingin Gunung Semeru, Minggu, 29 Mei 2022. 
 
Truk nahas yang sedang membawa muatan batu tersebut mengalami selip ban usai menaikan muatan, beruntung sopir truk berhasil keluar dan menyelamatkan diri.
 
Detik-detik saat dump truk diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru di aliran Sungai Regoyo, Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang itu terekam video amatir warga. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Dump truk milik Supaidi, warga Desa Warujingga, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo ini terseret derasnya banjir lahar dingin sejauh kurang lebih seratus meter.
 
Awalnya, truk bermuatan batu ini akan kembali usai menaikan muatan namun saat melintas di tepi sungai ban truk selip sehingga truk tidak bisa bergerak. 
 
Baca juga: Penendang Sajen di Gunung Semeru Dituntut 7 Bulan Penjara
 
Tak berselang lama, banjir lahar dingin Gunung Semeru datang dan langsung menghantam truk. Derasnya aliran banjir lahar bahkan membuat truk terbalik dan nyaris terpendam material banjir lahar.
 
Beruntung sopir truk berhasil keluar dan menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban dalam peristiwa ini. Banjir lahar dingin Gunung Semeru itu terjadi, setelah hujan deras mengguyur wilayah puncak Gunung Semeru, sehingga mengakibatkan endapan material vulkanik terbawa air hujan yang mengarah ke Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.
 
Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, mengimbau kepada masyarakat untuk menjauhi aliran lahar Gunung Semeru. 
 
“Warga diimbau tidak mendekat aliran lahar saat hujan karena berpotensi terjadi banjir lahar hujan,” katanya, Senin, 30 Mei 2022.
 
Sementara itu, getaran banjir lahar hujan Gunung Semeru Minggu, 29 Mei 2022 terekam seismograf pos pengamatan gunung api Semeru dengan amplitudo maksimal 20 milimeter dengan durasi 2.700 detik.

 

(MEL)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/nN9Xzd8K-truk-pasir-terseret-lahar-dingin-semeru-sopir-selamat

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi