Tri & Indosat Merger, Tetap Sulit Kalahkan Telkomsel

17 September 2021, 11:36

Merdeka.com – Direktur ICT Institute, Heru Sutadi mengapresiasi atas terjadinya merger antara Indosat Ooredoo dengan Tri Indonesia. Langkah ini dianggapnya baik bagi industri secara keseluruhan.

Sebab, jumlah pemain yang berkurang di industri ini akan membuat industri telekomunikasi lebih sehat.

“Merger ini merupakan game changer kompetisi di bisnis seluler. Telkomsel akan head to head dengan Indosat Ooredoo Hutchison. Dan mungkin mendorong merger pemain lainnya. Karena industri ini hanya sehat untuk tiga pemain saja,” ungkap Heru saat dihubungi Merdeka.com, Jumat (17/9).

Meski begitu, Heru menyebut, jika tujuan utama bergabungnya operator bisa mengalahkan Telkomsel, itu hal yang tak mungkin bisa dilakukan.

“Tdak semudah itu dan jalannya masih panjang. Telkomsel sudah begitu kuat menguasai separuh bisnis seluler,” jelas Heru.

Hal itu senada dengan pernyataan Ridwan Efendi. Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB itu berharap dengan aksi korporasi tersebut, diharapkan industri telekomunikasi di Indonesia makin sehat.

“Tidak ada lagi operator yang berdarah-darah setiap tahunnya, dan mudah-mudahan masyarakat mendapatkan manfaat yang maksimal,” terang Ridwan.

Meski begitu, Ridwan menilai proses merger ini harus mendapatkan persetujuan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) setelah lembaga tersebut melakukan post audit. Ini agar terhindar dari kegiatan yang dianggap monopoli.

“Parameternya yang dihitung biasanya melalui HHI. HHI atau Herfindahl–Hirschman Index merupakan indikator konsentrasi pasar pada industri telekomunikasi,” jelas dia.

Sebelumnya, Tri Indonesia dan Indosat Ooredoo sepakat untuk melakukan merger. Dalam keterangan persnya, Kamis (16/9), transaksi dari aksi korporasi ini disebut bernilai USD 6 miliar atau setara dengan Rp 85 Triliun. Bahkan, dengan merger ini bakal menjadi sebuah perusahaan telekomunikasi nomor dua.

“Pendapatan tahunan hingga mencapai USD 3 miliar,” tulis keterangan pers tersebut. [faz]


https://www.merdeka.com/teknologi/tri-amp-indosat-merger-tetap-sulit-kalahkan-telkomsel.html

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi