Top 3 Tekno Berita Kemarin: Babi Berjanggut Kalimantan, Kali Code Siaga La Nina

3 November 2021, 2:38

Babi hutan di Desa Nanga Betung, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (FOTO/PRCF INDONESIA)

TEMPO.CO, Jakarta –  Top 3 Tekno Berita Kemarin, Selasa 2 November 2021, dipuncaki artikel Top 3 Tekno Berita Senin. Didalamnya adalah, di antaranya, berita tentang temuan babi berjanggut di hutan desa yang masih terjaga di pedalaman Kalimantan Barat.

Berita terpopuler kedua hari ini datang dari artikel berjudul ‘Cara Menghilangkan Status Online di Aplikasi WhatsApp‘. Artikelnya membeberkan tujuh langkah yang dibutuhkan sebelum pengguna tak akan bisa melihat status online orang lain. 

Berita terpopuler ketiga adalah langkah-langlah BPBD Kota Yogyakarta mengantisipasi bencana akibat kehadiran La Nina di saat aktivitas Gunung Merapi juga belum berakhir. Fokus kepada sejumlah sungai besar yang seluruhnya dikelilingi permukiman padat penduduk, terutama Kali Code.

Berikut Top 3 Tekno Berita Hari Ini, Selasa 2 November 2021, selegkapnya,

1. Top 3 Tekno Berita Kemarin: Babi Berjanggut di Hutan Pedalaman Kalimantan

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Senin 1 November 2021, dimulai dari informasi satwa yang masih ditemui di hutan desa di Kalimantan Barat. Bukan hanya orang utan, ada aneka ragam satwa di sana di antaranya adalah babi berjanggut.

Pohon raksasa, dengan diameter batang hingga sekitar tiga meter, di Hutan Hulu Tuung Desa Tanjung, Kecamatan Mentebah, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pohon seperti ini ditemukan dalam patroli tim pendamping hutan desa dalam pendataan pada Agustus 2021 (FOTO/DOK PRCF)

Berita terpopuler selanjutnya tentang fitur-fitur monetisasi di Facebook dan Instagram. Perusahaan induk kedua aplikasi media sosial itu, Meta, berkomitmen mengubah passion para kreator konten menjadi sebuah pekerjaan lewat kucuran investasi.

Lalu, artikel berita mengenai situasi terkini Covid-19 global. Rusia menjadi negara dengan angka kematian terparah di Eropa saat ini. Penambahan kasus baru hariannya juga masih terus meningkat, menciptakan rekor baru beberapa hari belakangan.

2. Cara Menghilangkan Status Online di Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp sangat mudah dioperasikan untuk komunikasi teks. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur canggih seperti sistem keamanan web dan desktop, fitur arsip, fitur obrolan grup baru, dan lain-lain yang mempermudah penggunanya.

Ilustrasi WhatsApp. shutterstock.com

Aplikasi itu juga memiliki fitur menghilangkan status online agar penggunanya memiliki privasi. Bagaimana mengoperasikannya? Berikut 7 langkahnya untuk hasil akhir pengguna tidak akan dapat melihat status online orang lain.

3. La Nina dan Aktivitas Merapi, Yogya Siagakan 7 Titik EWS di Kali Code

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta mulai mempersiapkan kewaspadaan dini terhadap potensi bencana seiring naiknya intensitas curah hujan sepekan terakhir. Mereka fokus kepada sejumlah sungai besar yang seluruhnya dikelilingi permukiman padat penduduk, terutama Kali Code.

“Saat ini sudah ada 16 titik EWS (early warning system) di tepi sungai- sungai beraliran besar di Yogyakarta yang jadi pendeteksi dini potensi bencana, khususnya banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Nur Hidayat, Senin 1 November 2021.

Perumahan warga bantaran Sungai Code terlihat dari jembatan Gondolayu Yogyakarta. TEMPO/Arif Wibowo

Hidayat mengatakan dari 16 titik EWS itu, sebaran alat paling banyak ditempatkan di Sungai Code yakni sebanyak tujuh titik. Sungai atau Kali Code yang membelah tengah Kota Yogyakarta merupakan penampung utama aliran Sungai Boyong yang berhulu di kaki Gunung Merapi.


https://tekno.tempo.co/read/1524167/top-3-tekno-berita-kemarin-babi-berjanggut-kalimantan-kali-code-siaga-la-nina

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi