Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Ahmad Dzuizz, IPB University, dan Kamera Ponsel

30 May 2022, 23:04

Ahmad Dzuizz Annajib, anak Ainun Najib yang memiliki CV dengan segudang prestasi. Foto : Twitter

TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini, Senin 30 Mei 2022, dipuncaki artikel Ahmad Dzuizz Annajib, siswa kelas 6 SD asal Lamongan, Jawa Timur, yang memiliki Curriculum Vitae (CV) dengan segudang prestasi. Dzuizz pindah ke Singapura karena ayahnya, Ainun Najib, bekerja di di Grab Singapura sebagai Head of Analytics, Platform and Regional Bussiness.

Lalu, pernyataan Guru Besar IPB University Iswandi Anas Chaniago, mengungkapkan bahwa 72 persen dari tanah pertanian di Indonesia saat ini sedang “sakit” karena kekurangan bahan organik menjadi terpopuler kedua. Iswandi menyebutkan kadar bahan organik dalam tanah pada 2010 hingga sekarang semakin rendah, menjadikan tanah rusak dan tidak gembur lagi.

Artikel berjudul ‘Ini Smartphone Pemegang Rekor Kamera Ponsel Terbaik dan Terbesar Megapiksel’ menjadi terpopuler ketiga. Di dalamnya disebutkan kalau perkembangan teknologi, khususnya dalam ranah ponsel, berjalan dengan sangat pesat. Kamera ponsel saat ini bahkan hampir menyamai kualitas kamera profesional seperti kamera DSLR atau mirrorless.

Berikut Top 3 Tekno Berita Hari Ini, Senin 30 Mei 2022, selengkapnya,

1. Ahmad Dzuizz, Siswa SD Asal Lamongan Punya CV dengan Segudang Prestasi

Ahmad Dzuizz Annajib, siswa kelas 6 SD memiliki Curriculum Vitae (CV) dengan segudang prestasi. Dzuizz lahir di Lamongan, Jawa Timur pada 2010 sebelum akhirnya pindah ke Singapura. Dzuizz bersekolah di Madrasah Irsyad Zuhri Al-Islamiah, Singapura. Dzuizz pindah ke Singapura karena ayahnya, Ainun Najib bekerja di di Grab Singapura sebagai Head of Analytics, Platform and Regional Bussiness.

Dzuizz yang berusia 12 tahun ini ramai diperbincangkan di media sosial setelah ayahnya mengunggah website yang dibuat sendiri oleh Dzuizz, Dzuizz.com. Di laman tersebut, Dzuizz menulis biodata diri beserta 50 penghargaan yang pernah dia peroleh.

Ainun Najib, ayah dari Ahmad Dzuizz. TEMPO/ Nita Dian

Sejak 2018, anak pertama dari empat bersaudara ini sudah mendapatkan berbagai prestasi di berbagai kontes maupun olimpiade di bidang Matematika dan ilmu pengetahuan. Dzuizz pernah mengikuti kompetisi Singapore and Asian Schools Mathematical Olympiad dan mendapatkan gold award saat duduk di kelas 2. 

2. Guru Besar IPB University Ungkap 72 Persen Tanah Pertanian di Indonesia Sakit

Guru Besar IPB University, Iswandi Anas Chaniago, mengungkapkan bahwa 72 persen dari tanah pertanian di Indonesia saat ini sedang “sakit” karena kekurangan bahan organik. Menurut dia, kondisi tersebut disebabkan oleh penggunaan pupuk kimia yang masih sangat tinggi.

Di era 1960-an, lanjutnya, tanah di Indonesia masih bagus karena kadar organiknya masih saat tinggi, sehingga dengan tambahan pupuk kimia pertumbuhan tanaman meloncat dua kali lipat. “Tapi sifat manusia ingin mudahnya saja lebih memilih Urea atau SP saja daripada harus membawa pupuk organik begitu banyak, akhirnya pupuk organiknya ditinggalkan, sehingga lama kelamaan tanahnya rusak,” katanya dalam rilis pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Gedung Rektorat IPB University di kampus IPB Dramaga Bogor /ANTARA

Iswandi menyebutkan pada 1930-1950 Pulau Jawa masih didominasi kadar bahan organik tanahnya masih sangat tinggi, namun 1960-1970 sebagian besar kadar organiknya kurang dari 1 persen, bahkan pada 2010 makin rendah sehingga, sekarang tanahnya pada rusak dan tidak gembur lagi.

3. Ini Smartphone Pemegang Rekor Kamera Ponsel Terbaik dan Terbesar Megapiksel

Perkembangan teknologi, khususnya dalam ranah ponsel, berjalan dengan sangat pesat, salah satunya dalam aspek kamera ponsel. Kamera ponsel saat ini bahkan hampir menyamai kualitas kamera profesional seperti kamera DSLR atau mirrorless.

Di tahun 2021, misalnya, Xiaomi meluncurkan produk terbaru mereka, yaitu Xiaomi Redmi Note 10 Pro dengan angka megapiksel (MP) yang fantastis, yaitu 108 MP.

Ada tiga varian yang ditawarkan Xiaomi kepada konsumen, yakni Redmi Note 10, Redmi Note 10 Pro, dan Redmi Note 10 Pro Max.

“Xiaomi kembali berinovasi di Redmi Note 10 Pro dengan menghadirkan layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz serta kamera 108MP yang sebelumnya hanya bisa ditemukan di segmen flagship Indonesia,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse dalam peluncuran virtual seperti dikutip Tempo dari laman antaranews.com, Rabu, 31 Maret 2022.


https://tekno.tempo.co/read/1596621/top-3-tekno-berita-hari-ini-ahmad-dzuizz-ipb-university-dan-kamera-ponsel

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Topik

Kasus

Agama

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi