TMMD Sengkuyung Wujud Sinergi Membangun Negri

17 June 2021, 0:20

TMMD Sengkuyung Wujud Sinergi Membangun Negri

MAGELANG, KRJogja.com – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II TA 2021 di Kabupaten dan Kota Magelang secara resmi dibuka di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Selasa (15/6/2021). Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi SSos MTr (Han), dan wakil dari Pemerintah Kota Magelang secara bergantian menandatangani berita acara kegiatan tersebut.

“Tema yang diangkat TMMD Sengkuyung II TA 2021 kali ini TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri . Makna yang terkandung dari tersebut bahwa TNI bersama pemerintah daerah dan masyarakat secara bersama-sama melakukan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Letkol Arm Rohmadi SSos MTr .

TMMD Sengkuyung ini dilaksanakan 1 bulan, prajurit Kodim 0705/Magelang, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat bahu-membahu bersama menyelesaikan program TMMD Sengkuyung II TA 2021. Kebersamaan ini merupakan sinergitas positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang maupun Kota Magelang dan pertahanan negara.

Pelaksanaannya tersebar di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. Pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur, sarana transportasi berupa cor blok jalan dan peningkatan saluran drainase.

Selain capaian program sasaran fisik tersebut, juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan Bela Negara, bahaya narkoba, kesehatan, penyuluhan berkaitan dengan Covid-19 maupun lainnya. Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa.

Menyikapi perkembangan Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang dan Kota Magelang yang terjadi peningkatan, Komandan Kodim 0705/Magelang mengajak semua pihak untuk bersama-sama senantiasa tetap mewaspadai perkembangannya melalui berbagai kegiatan masyarakat.

Sementara Bupati Magelang Zaenal Arifin juga menyampaikan beberapa penekanan, diantaranya program vaksinasi yang sedang berjalan saat ini jangan sampai membuat masyarakat lengah menjalankan protokol kesehatan. “Dalam kegiatan TMMD ini tetap berpedoman pada protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Di Kabupaten Magelang, kegiatan TMMD Sengkuyung II ini dilaksanakan di Dusun Bojong Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik, menghubungkan ke Dusun Gamblok DEsa Balerejo Kecamatan Kaliangkrik, berupa pembangunan cor blok jalan volume panjang 1.500 meter, lebar 2,5 meter, tebal 0,10 m dan pembangunan jembatan dengan volume panjang 5 meter, lebar 4,5 meter, tinggi 5,5 meter, serta kegiatan non fisik berupa penyuluhan kesehatan di masa pandemi Covid-19, penyuluhan kamtibmas, narkoba, KDRT, Wasbang dan Bela Negara.

Walikota Magelang HM Nur Aziz SpPD dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang Khudoifah SH MH diantaranya mengatakan untuk wilayah Kota Magelang, TMMD Sengkuyung II TA 2021 dilaksanakan di RT 7 RW 6 Kelurahan Magersari Kecamatan Magelang Selatan. Dalam pelaksanaannya diminta untuk selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja serta tetap menegakkan protokol kesehatan. (Tha)


Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi