Tips Bersihkan Mainan Kayu agar Awet

8 June 2022, 11:04

Permainan Edukatif - Sejumlah anak bermain alat permainan edukatif  di showroom Anak Cerdas Bangsa di Gedongkiwo, Yogyakarta, kemarin. Permainan yang berbahan dasar kayu dan bercat non toxic ini aman digunakan untuk anak umur 1 sampai 6 tahun.Foto

TEMPO.CO, Jakarta – Selain bisa merangsang kreativitas buah hati, mainan dari kayu umumnya lebih awet karena relatif tak mudah rusak. Namun, cara perawatan yang salah bisa membuat mainan yang harusnya awet menjadi cepat rusak.

Agar kondisinya tetap baik hingga bertahun-tahun, Anda perlu tahu cara yang tepat dalam membersihkan mainan kayu. Simak tips di bawah ini.

Jangan rendam mainan di dalam air
Kayu merupakan material yang berpori-pori, sehingga merendam mainan kayu dapat mengubah bentuk dan cat pada mainan yang dapat menyebabkan cepat rusak.

Lap mainan dengan kain
Untuk menghilangkan debu, lap basah mainan menggunakan air hangat. Lalu jemur di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman dan bakteri.

Gunakan sabun lembut
Mainan kayu yang dicat atau dilapisi dengan pernis bisa dibersihkan dengan sabun lembut. Caranya, basahi spons dengan sabun lalu lap mainan hingga bersih.

Gunakan cuka putih atau cuka apel
Noda pada mainan kayu dapat dibersihkan menggunakan cuka putih atau cuka apel yang diencerkan dengan air. Caranya gunakan rasio 1:1 antara cuka dan air, semprotkan pada bekas noda lalu gosok dengan spons.

Baca juga: Pentingnya Mainan bagi Pertumbuhan Anak


https://gaya.tempo.co/read/1599601/tips-bersihkan-mainan-kayu-agar-awet

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi