Tingkatkan Rasio Dana Murah, BNI Perkuat Program “Campus Financial Ecosystem”

3 April 2022, 20:07

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik, dan Wakil Rektor ITB Muhamad Abduh dalam Kick Off Campus Financial Ecosystem BNI dan ITB, Jumat (18/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus memperkuat ekosistem kelembagaan, untuk meningkatkan rasio dana murah atau Current Account Saving Account (CASA). Hal ini dilakukan guna menunjang pembiayaan lebih kompetitif di masa pemulihan ekonomi nasional tahun ini.

Salah satu langkah yang dilakukan bank dengan kode emiten BBNI itu untuk menggenjot CASA ialah melalui ekspansi program “Campus Financial Ecosystem”, yakni sebuah program yang difokuskan dalam memberikan solusi keuangan lengkap berbasis digital kepada nasabah lembaga universitas dan para civitas akademis kampus. 

Baca juga: BNI Sekuritas Prediksi IHSG Bisa Tembus Level 7.400 di Akhir 2022

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menyampaikan bahwa perseroan memiliki kerja sama sangat lama dengan banyak universitas di Indonesia. Kerja sama erat tersebut bahkan membuat BNI mendapat julukan sebagai Bank Kampus.

Adapun sejauh ini cakupan layanan di dunia pendidikan perseroan mencapai 718 lembaga pendidikan, di mana pada umumnya, perseroan mengambil peran dalam memberikan solusi transaksi pembayaran uang kuliah hingga cash management universitas sehingga memberi peluang pada BNI untuk meningkatkan dana masyarakat khususnya CASA. 

“Tentunya Campus Financial Ecosystem aka terus kami perkuat. Ini juga merupakan salah satu program kami untuk meningkatkan DPK khususnya CASA sambil membentuk ekosistem kelembagaan yang berbasis pada solusi digital yang membantu universitas dan civitas akademis,” kata Sis Apik, dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).

Baca juga: Promo Garuda Online Travel Fair-BNI Mulai 4 April, Ada Diskon Tiket Penerbangan 75 Persen hingga Cashback Rp 1,2 Juta

Tercatat sampai dengan akhir 2021, dana pihak ketiga yang terhimpun dari universitas serta lembaga pendidikan mencapai Rp 12,01 triliun yang mayoritas berasal dari CASA. Dana ini terus meningkat seiring dengan ekspansi program-program BNI mengakuisisi beberapa kampus di Jawa dan Bali untuk masuk dalam program Campus Financial Ecosystem. 

Sis Apik bilang, sejauh ini perseroan telah menjangkau beberapa universitas seperti UI, ITB, dan terakhir UNUD. Pada saat bersamaan, perseroan juga telah bekerja sama untuk Pelaksanaan Ujian Tulis berbasis Komputer lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang terdaftar hingga 125 kampus. 

Di samping itu, BNI memiliki beberapa program seperti layanan transaksi perbankan digital secara customized dengan menerapkan closed loop transaction di lingkungan kampus, yang dapat dimanfaatkan seluruh civitas akademika di setiap universitas.  

“Kami juga terus mencari potensi untuk penyaluran BNI Fleksi Pendidikan Mahasiswa Pascasarjana S2/S3, Magang Bersertifikat, Program Early Recruitment Program dan Pemberdayaan UMKM Mitra Binaan universitas melalui Program BNI Edupreneur,” ucap Sis Apik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/04/03/183000526/tingkatkan-rasio-dana-murah-bni-perkuat-program-campus-financial-ecosystem-

 

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi