Tingkat Pencegahan Korupsi pada Masyarakat Masih Rendah

3 November 2021, 4:38

KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat sebuah survei tentang pemahaman korupsi di Tanah Air. Ketua KPK Firli Bahuri sempat menyinggung soal survei pemahaman korupsi tersebut dalam acara webinar bertajuk “Mencegah Korupsi: Mengikis Suap di Perizinan Perumahan”,  Selasa (2/11/2021).

Ia mengatakan, kesadaran tentang pemahaman korupsi sudah tinggi, namun mayoritas masyarakat masih memiliki tingkat upaya pencegahan korupsi yang rendah.

“Tentu kita bisa menemukan dari hasil survei kita, kesadaran masyarakat tentang pemahaman korupsi itu sudah tinggi, tetapi upaya untuk mencegahnya tidak sebanding dan untuk menghindarinya kalau kerja keras dari seluruh anak bangsa,” kata Firli. 

Karenanya dalam kesempatan yang sama, Firli menyampaikan bahwa KPK mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan peran andil dalam rangka pemberantasan korupsi dari sektor dan unit kerja mulai dari hal-hal yang kecil.

Maka dari itu, Firli meminta kepada masyarakat untuk mendukung strategi pemberantasan praktik korupsi yang diterapkan oleh KPK. 

“Apa yang dilakukan KPK perlu didukung seluruh anak bangsa,” pintanya. 

Firli menjelaskan, strategi itu meliputi, pencegahan korupsi dengan menyentuh alam pikir sikap dan perilaku agar tidak ingin korupsi. Hal itu dilakukan lewat pendidikan masyarakat.

Kemudian, KPK juga melakukan perbaikan sistem agar menutup celah dan kesempatan pihak yang memanfaatkannya untuk korupsi.

“Pertama, kita sentuh alam pikiran sikap dan perilaku supaya tidak ingin korupsi melalui pendidikan masyarakat. Kedua, perbaikan sistem supaya tidak ada celah dan kesempatan untuk melakukan korupsi. Ketiga, kita melakukan tindakan tegas supaya orang takut korupsi,” bebernya. 

Dalam sambutannya, Firli mengungkapkan lima fokus sektor dalam pemberantasan praktik korupsi. Diantaranya, pemberantasan korupsi soal tata niaga dan bisnis, pelayanan publik, sumber daya alam. 

Selanjutnya, praktik politik yang memiliki tendensi muatan korupsi, serta pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK demi tujuan agar pemerintahan bersih, baik dan profesional. 


https://rri.co.id/nasional/hukum/1245480/tingkat-pencegahan-korupsi-pada-masyarakat-masih-rendah?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi