Tingkat Keterisian RSUD Kota Tangerang Capai 97,3%, Pasien Corona Waiting List

17 June 2021, 16:04

Tingkat Keterisian RSUD Kota Tangerang Capai 97,3%, Pasien Corona Waiting List

Tingkat ketersediaan atau okupansi tempat tidur di berbagai Rumah Sakit (RS) wilayah Kota Tangerang untuk pasien COVID-19 terus mengalami bertambah.

Salah satunya di RSUD Kota Tangerang. Saat ini, keterisian pasien corona di rumah sakit itu di ruang isolasi mencapai 97,38 persen. Sementara tingkat keterisian ICU di angka 75 persen.

“Saat ini, kasus COVID-19 sedang tinggi-tingginya. Sesuai dengan prediksi pengamat kesehatan dua minggu pasca-Lebaran Idul Fitri lonjakan terus meningkat tajam dan terbukti persentase tempat tidur di RSUD Kota Tangerang sudah 97,38 persen telah terisi,” kata Direktur RSUD Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni, Kamis, (17/6).

Ia pun memaparkan, grafik penambahan pasien COVID-19 rawat inap di tanggal 1 hingga 10 Juni masih di angka 10 hingga 16 pasien per harinya di ruang isolasi.

Namun, lonjakan terus meningkat sejak 10 Juni hingga saat ini, dengan rata-rata 25 hingga 31 pasien baru masuk setiap harinya.

“Memang peningkatan ini diiringi dengan pasien yang sembuh atau keluar. Namun, angka pasien masuk berbanding jauh dengan pasien yang keluar. Sehingga, kepadatan pasien COVID-19 di RSUD Kota Tangerang pun saat ini terjadi. Makanya, sampai diterapkan waiting list (antrean),” ujarnya.

Waiting list yang dimaksud Dini adalah setiap pasien COVID-19 yang datang ke rumah sakit namun bed penuh, maka pasien itu diminta isolasi mandiri di rumah untuk sementara sembari dilakukan pemantauan oleh puskesmas setempat. Ini diperuntukkan pasien tanpa gejala.

Karena menurut Dini, lonjakan kasus corona di Kota Tangerang didominasi pasien tanpa gejala. Untuk pasien bergejala berat, maka RSUD Kota Tangerang masih menerima tanpa waiting list dan dilarikan ke ICU.

Lebih lanjut, Dini mengatakan menambah ketersediaan tempat tidur dua kali. Normalnya kapasitas tempat tidur RSUD Kota Tangerang itu 104 kasur. Tapi, mulai 7 Juni dilakukan penambahan 26 kasur. Hingga saat ini pun, total tempat tidur di RSUD Kota Tangerang untuk pasien COVID-19 sebanyak 156. Itu pun sebagian besar sudah terisi.

“Dalam kondisi ruang isolasi yang penuh, kondisi pasien yang tergolong butuh penanganan khusus. Belum lagi, permintaan dari pasien RIT (Rumah Isolasi Terpadu). Melalui 102 perawat khusus COVID-19, empat dokter paru dan lima dokter spesialis dalam, RSUD Kota Tangerang terus berusaha memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin,” kata dia.

Kasus aktif corona di Kota Tangerang saat ini mencapai 446 orang. Adapun total keseluruhan sejak Maret 2020 mencapai 10.178.

Pasien sembuh di Kota Tangerang berdasarkan data akumulatif mencapai 9.543. Jumlah yang meninggal ada 189 orang.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi