Tim SAR Swiss Lanjutkan Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil, Gunakan Rute Zig-zag

30 May 2022, 19:05

Emmeril Kahn, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sambil menggendong adiknya, Arkana Aidan Misbach saat mengikuti prosesi budaya Sunda Sisingaan, Foto: IG @ridwankamil.

TEMPO.CO, Jakarta – Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil terus dilanjutkan dengan melibatkan Tim SAR Swiss. Kapal dan drone dikerahkan untuk mencari Eril yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

Menurut perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, pencarian menggunakan kapal boat dengan rute zig-zag. “Hari keempat dilakukan pencarian menggunakan boat (kapal). Rutenya zig-zag, satu boat tiga orang. Dua yang melihat kedalaman. Dari otoritas Swiss, pihak keluarga dan KBRI bisa turut serta,” kata Elpi, adik kandung Ridwan Kamil, saat menyampaikan keterangan pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 30 Mei 2022.

Menurut dia, keluarga menerima foto dan video dari otoritas terkait mengenai perkembangan upaya untuk menemukan Eril, termasuk pengerahan penyelam dan drone dalam operasi tersebut. “Di sesi terakhir, pihak kepolisian melakukan koordinasi dan evaluasi. Mereka terbuka (menerima) saran keluarga, termasuk titik yang dioptimalkan. Hasil masih sama seperti kemarin. Akan berlanjut hari ini,” kata Elpi.

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Dalam keterangan tertulis hari ini, Senin, 30 Mei 2022, Kedutaan Besar RI di Bern, menyatakan pencarian di hari kelima ini mulai mengerucut ke lokasi tertentu.

Pencarian anak Ridwan Kamil, Eril dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern. Area pencarian telah mengerucut pada lokasi yang dinilai paling potensial di wilayah Marzili.

Menurut Polisi Maritim, proses pencarian terkendala oleh tingkat kekeruhan air yang bersumber dari partikel lelehan salju. Pencarian akan kembali dilanjutkan hari ini, Senin, 30 Mei 2022.

Dalam unggahannya di akun instagram, Atalia Praratya yang merupakan ibunda Eril atau istri Ridwan Kamil, meminta doa agar anaknya segera ditemukan. “Mohon keikhlasannya untuk terus mendoakan a Eril,” tulis Atalia. Ia juga mengganti foto profilnya sedang bersama Eril.

Atalia dan suaminya Ridwan Kamil mengawal langsung pencarian anak sulungnya itu. Pada Sabtu, beredar foto keduanya bersama dengan polisi Swiss di tepi Sungai Aare.

Baca: Pencarian Anak Ridwan Kamil Hilang di Sungai Aare Mengerucut di Lokasi Ini

ANTARA | KEMLU


https://dunia.tempo.co/read/1596559/tim-sar-swiss-lanjutkan-pencarian-eril-anak-ridwan-kamil-gunakan-rute-zig-zag

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi