Tidak Semua Janji Ekonomi Nol Bersih Sama

3 November 2021, 10:45

KBRN, Oxford: Lebih dari 80 persen PDB dunia — dan 77 persen gas rumah kaca global — kini masuk dalam target nol bersih nasional, naik dari 68 persen dan 61 persen tahun lalu, menurut pelacak baru dari Oxford Net Zero. Tetapi jumlah itu menyusut menjadi 10 persen dari PDB global dan 5 persen dari emisi global, jika menyertakan hanya pada komitmen-komitmen yang kuat dan rencana yang jelas.

Profesor Thomas Hale, Kebijakan Publik Global, Sekolah Pemerintah Blavatnik Universitas Oxford, mengatakan, “Net zero sekarang telah sepenuhnya menjadi arus utama, tetapi tidak semua janji nol bersih sama. Saat target dan janji berkembang, pelacak ini menjadi bersinar terang yang benar-benar ambisius, komprehensif, transparan dan akuntabel.”

“Pelacak ini adalah langkah maju yang besar pada transparansi radikal, tetapi standar yang jelas juga penting untuk memastikan bahwa target nol bersih tercapai,” katanya, seperti dikutip dari Universitas Oxford, Rabu (3/11/2021).

Net Zero Tracker (NZT) menggunakan kriteria target utama untuk menganalisis kualitas target nol bersih—termasuk status target, cakupan, dan penggunaan offset yang direncanakan.

Pelacak ini menilai janji semua aktor kunci, termasuk pemerintah pusat dan daerah di penghasil emisi terkemuka, dan pemerintah kota besar. Pelacak juga melacak 2.000 bisnis publik terbesar di dunia.

Mulai COP26, langkah-langkah untuk memperjelas dan memperkuat target nol bersih, termasuk mencocokkannya dengan tindakan segera, sangat dibutuhkan, kata para peneliti di balik pelacakan ini. Hanya lima target nol bersih yang ditetapkan oleh negara-negara G20 yang didukung oleh rencana yang kuat.

Mitra pelacak lainnya, Dr. Angel Hsu, Asisten Profesor dan pendiri Data-Driven EnviroLab, University North Carolina, mengatakan, “Kepemimpinan top-down di net zero sangat penting untuk membawa semua aktor ke meja. Negara-negara yang tidak memiliki target yang kredibel berisiko tertinggal dalam perlombaan global. Target nol bersih yang kredibel mewakili ikatan kepercayaan antara para pemimpin dan masyarakatnya—rencana yang jelas dan dapat direalisasikan untuk memimpin transformasi nol bersih, alih-alih dibentuk olehnya.”


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1245572/tidak-semua-janji-ekonomi-nol-bersih-sama?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi