The Fed Masih Terapkan Kebijakan Moneter

18 June 2021, 2:32

KBRN, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memastikan Bank Sentral AS The Fed belum akan melakukan mengetatkan kembali kebijakan moneternya dalam waktu dekat.  

Menurut Perry, keyakinannya itu berdasarkan apa yang disampaikan The Fed kemarin, yang mengisyaratkan bahwa Bank Sentral AS itu masih akan menerapkan kebijakan moneter yang akomodatif.

“Kalau melihat dari pernyataan The Fed dalam Federal Open Market Committee (FOMC), memang dalam jangka pendek inflasi di AS akan meningkat. Tapi The Fed pun meyakini itu temporer. Tekanan-tekanan inflasi yang fundamental kemungkinan baru akan terjadi di tahun 2022 dan 2023,” kata Perry saat menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (17/6/2021).

Selain itu, tambah Perry, pemulihan ekonomi yang terjadi di AS belum berhasil menurunkan tingkat pengangguran dalam jangka panjang. Tingkat pengangguran di AS diproyeksikan masih 4,5 persen di tahun ini. Masih jauh di atas target jangka panjang sebesar 3,6 persen.

“The Fed juga mengatakan masih akan akomodatif dalam kebijakan moneternya, dan berpandangan masih terlalu dini untuk mengurangi stimulus moneter. The Fed bahkan masih melanjutkan pembelian surat-surat berharga sampai ada perkembangan yang jelas dan subtansial terkait inflasi dan tenaga kerja,” ungkapnya.

Karenanya Perry memproyeksikan The Fed baru akan melakukan pengurangan likuiditas dengan mengurangi pembelian surat berharga pada tahun 2022, dan akan mulai menaikkan suku bunganya di tahun 2023.

Namun Gubernur BI menegaskan akan memantau dari waktu ke waktu kalau ada indikator-indikator baru yang menimbulkan perubahan.

“Sehingga respon kita terhadap global spillover lebih fokus dalam melakukan dan mengoptimalkan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar rupiah. Selain itu, berkordinasi dengan pemerintah agar pengaruhnya ke yield Surat Berharga Negara (SBN) dalam batas-batas yang normal,” pungkasnya.


https://rri.co.id/ekonomi/1082694/the-fed-masih-terapkan-kebijakan-moneter?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi