Tersangka Dugaan Korupsi Tunjangan Guru Menang Praperadilan

16 September 2021, 12:38

KBRN, Palangka Raya : Kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan dana tunjangan guru PNS berlanjut ke praperadilan. Jainudin Sapri selaku pemohon melalui kuasa hukumnya, Wikarya F Dirun SH MH, mengatakan amar putusan praperadilan yang dibacakan langsung oleh hakim di Pengadilan Negeri (PN) Kasongan, telah menyatakan penangkapan serta penahanan berdasarkan bukti permulaan yang tidak sah dan batal demi hukum serta tidak berlaku mengikat.

“Otomatis pula penangkapan, penahanan dan penahanan lanjutan juga tidak berdasarkan bukti permulaan yang cukup, tidak sah dan batal demi hukum serta tidak berlaku mengikat,” ujarnya, Rabu (15/9/21).

Ditegaskan juga kata Wikarya F.Dirun, poin paling penting adalah hakim memerintahkan pihak termohon yakni Kejari Kasongan untuk segera membebaskan kliennya dari dalam tahanan.

“Dalam putusan itu juga disebutkan, memerintahkan agar membebaskan klien kami seketika setelah putusan diucapkan. Saat ini mungkin sedang mengurus administrasinya untuk proses pengeluaran dan itu tidak bisa dilarang. Kecuali termohon berani melawan perintah dari pengadilan,” imbuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Jaksa Penyidik Kejari Katingan menetapkan mantan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Katingan tahun 2017 yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) tersebut sebagai tersangka.

Jainudin Sapri ditahan selama 20 hari dan dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Kasongan terhitung sejak tanggal 16 Agustus hingga 4 September 2021.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Jainudin Sapri terlebih dahulu menjalani pemeriksaan tambahan sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan penyaluran dana tunjangan khusus bagi guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) pada Dinas Pendidikan Katingan Tahun Anggaran 2017. (imr)


https://rri.co.id/nasional/hukum/1190198/tersangka-dugaan-korupsi-tunjangan-guru-menang-praperadilan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi