Terpopuler Nasional, Purnawirawan TNI Jadi Tersangka Peristiwa Paniai hingga Kapasitas Masjid Istiqlal Dibatasi

3 April 2022, 8:09

Jakarta: Jakarta: Sejumlah artikel menjadi paling disorot di Kanal Nasional Medcom.id sepanjang Sabtu, 2 April 2022. Mulai penetapan tersangka pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat di Paniai hingga kapasitas Masjid Istiqlal dibatasi selama bulan ramadan.
 

Berikut tiga artikel terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. Tersangka Peristiwa Paniai Purnawirawan TNI

Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah mengungkap tersangka dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat pada Peristiwa Paniai 2014. Yaitu, purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI), IS.
 
“(Tersangkanya) purnawirawan TNI,” ujar Febrie di Gedung Bundar Kejagung, dilansir Media Indonesia, Sabtu, 2 April 2022.
 
Febrie menuturkan saat peristiwa Paniai terjadi pada 7 sampai 8 Desember 2014, tersangka itu menjabat sebagai perwira penghubung di Komando Distrik Militer (Kodim) Paniai. IS ditersangkakan karena dinilai sebagai pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa yang menewaskan empat orang serta melukai 21 orang itu.
 
Baca selengkapnya di sini

2. 1.142 Bencana Melanda Indonesia Hingga Awal April 2022

Sebanyak lebih dari 1.100 bencana terjadi di Indonesia selama Januari hingga awal April 2022. Jenis bencana terbanyak ialah hidrometeorologi seperti banjir.
 
“Tercatat jumlah kejadian bencana sebanyak 1.142,” tulis data resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) seperti dikutip Medcom.id, Sabtu, 2 April 2022.
 
Bencana terbanyak, yakni banjir dengan 453 kejadian, cuaca ekstrem 408 kejadian, dan tanah longsor dengan 208 kejadian. Kemudian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 57  kejadian serta gempa bumi dengan delapan kejadian.
 
“Gelombang pasang dan abrasi delapan kejadian sedangkan erupsi gunung api dan kekeringan nihil,” tulis data BNPB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca selengkapnya di sini

3. Kapasitas Masjid Istiqlal Dibatasi 100 Ribu Orang

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pihaknya membatasi kapasitas Masjid Istiqlal. Pada hari pertama salat tarawih, pada Sabtu, 2 April 2022, hanya sebanyak 100 ribu orang.
 
“Kapasitas kalau penuh bisa 250 ribu, tapi kita isi hanya dalamnya saja mungkin bisa 100 ribu orang,” ujar Nasaruddin di Istiqlal, Sabtu, 2 April 2022.
 
Pengurus terpaksa membatasi jumlah jemaah karena khawatir terjadi penumpukan di pintu masuk, saat keluar, maupun di parkiran. Menurutnya, Istiqlal harus menjadi percontohan masjid-masjid di Indonesia yakni dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan tanpa mengurangi kekhusyukan ibadah.
 
“Khusus untuk Istiqlal benar-benar ini suatu ujian yang berat untuk kami, karena Istiqlal diobsesikan sebagai barometer Masjid Indonesia. Indikatornya kita akan menciptakan masjid yang di satu sisi makmur tetapi di sisi lain kita tetap mengindahkan prokes,” kata dia.
 
Baca selengkapnya di sini
 
Informasi terkait tiga isu itu akan terus diperbarui di Kanal Nasional Medcom.id. Klik di sini untuk mendapatkan informasinya.
 

(JMS)


https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/0kpvZ80N-terpopuler-nasional-purnawirawan-tni-jadi-tersangka-peristiwa-paniai-hingga-kapasitas-masjid-istiqlal-dibatasi

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi