Terkait Isu Reshuffle Kabinet, Pengamat Menilai Jokowi Hanya Memantau Situasi Politik

16 September 2021, 12:07

Kabar perombakan kabinet mengemuka setelah Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke koalisi pemerintahan. Pengamat politik Indria Samego namun menilai Presiden Joko Widodo hanya mengetes atau testing the water terkait isu perombakan kabinetnya.

‚ÄúTesting the water untuk mengetahui dinamika popitik kawan dan lawan. Bahasa Jawanya, jangan gege mangsa alias tidak terburu-buru,” katanya, Rabu (15/9).

Ia menambahkan, orang-orang sekitar Joko Widodo saja yang terlalu yakin jika kepala negara akan melakukan penggantian kabinet. Artinya, dia menilai tak ada urgensinya sekarang untuk melakukan perombakan.

Jadi reshuffle yang berhembus itu hanya kabar angin. Menurutnya tak ada urgensi melakukannya karena semua menterinya sudah patuh pada keputusan presiden.

“Ya begitulah, dalam sistem presidensial, kekuasaan terpusat di tangan RI 1. Grudag grudug politisi diundang ke istana kemarin adalah upaya konsolidasi politik,” ujarnya.

Isu perombakan kabinet muncul setelah sukarelawan Jokowi Mania, Joman, dengan ketua Immanuel Ebenezer mengatakan Presiden akan melakukan perombakan kabinet dalam waktu dekat. PAN sendiri sudah menyatakan akan mengajukan nama jika ada permintaan menteri dari kubunya.


https://m.wartaekonomi.co.id/read361141/terkait-isu-reshuffle-kabinet-pengamat-menilai-jokowi-hanya-memantau-situasi-politik?utm_source=direct

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi