Tak Hanya Nikmat, Kopi Juga Baik untuk Hati

3 April 2022, 5:04

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kira Auf Der Heide

TEMPO.CO, JakartaKopi dapat memberi tambahan energi yang diperlukan di pagi atau sore hari saat mengantuk dan bahkan disebut bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Namunyang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang adalah minuman nikmat ini juga dapat meningkatkan kesehatan hati.

Dilansir dari Eat This Not That, penelitian yang konsisten menunjukkan kopi dapat memiliki efek hepatoprotektif, yang berarti dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Ini kebalikan dari alkohol, misalnya, yang dapat menyebabkan hepatotoksisitas (kerusakan hati) jika dikonsumsi terlalu sering. Berikut dampak yang terjadi pada hati buat yang minum kopi.

Melindungi dari fibrosis hati
Fibrosis hati adalah masalah serius yang disebabkan oleh penumpukan terlalu banyak jaringan parut di hati. Seiring waktu, ini dapat mempengaruhi fungsi hati. Tetapi fibrosis tahap ringan seringkali dapat dibalikkan melalui perubahan gaya hidup dan obat-obatan. Sebuah studi dari The Journal of Hepatology menemukan minum kopi dan teh secara teratur dapat membantu mengurangi risiko fibrosis hati. Penelitian ini menunjukkan konsumsi kopi dikaitkan dengan berkurangnya kekakuan hati.

Membantu mengelola kadar enzim hati
Hati mengandung enzim yang mempercepat proses tertentu dalam tubuh, seperti memecah racun, produksi empedu, dan membantu melawan infeksi dalam tubuh. Jika tubuh memproduksi terlalu banyak enzim ini, mereka dapat bocor ke aliran darah, yang bisa menjadi tanda penyakit atau kerusakan hati. Kopi dapat menurunkan konsentrasi enzim hati, khususnya pada orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Kopi juga menurunkan enzim ini pada orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit hati.

Mengurangi risiko sirosis hati
Sirosis hati adalah tahap lanjut dan lebih parah dari jaringan parut hati yang telah disebutkan sebelumnya. Sayangnya, sirosis biasanya tidak dapat disembuhkan seperti halnya fibrosis dan dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan yang serius. Untungnya, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan membantu mengurangi sirosis hati. Lebih khusus, penelitian telah menunjukkan kopi juga dapat membantu mengurangi risiko sirosis alkoholik, tahap selanjutnya dari penyakit hati alkoholik, serta mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh sirosis alkoholik.

Membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit hati
Konsumsi kopi dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), meminum minuman lezat ini juga dapat mengurangi risiko kanker hati. Kopi juga dapat memperlambat perkembangan penyakit hati bagi sebagian orang.

Baca juga: Minum Kopi di Waktu yang Tepat, Bukan Langsung Setelah Bangun Tidur


https://gaya.tempo.co/read/1577825/tak-hanya-nikmat-kopi-juga-baik-untuk-hati

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi