Tak hanya Hidangan Meja, Pizza juga pernah Dibuat Beratnya sampai Hitungan Ton

3 April 2022, 13:03

ilustrasi pizza (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta – Pizza hidangan makanan berasal dari Italia. Adonan bundar bundar pipih yang dipanggang itu telah diminati di banyak negara. Variasi hidangan pizza pun terus berkembang, rasa, bentuk, dan ukuran.

Pizza besar

Mengutip London World Records, pizza bundar terbesar pernah dibuat di Norwood, Afrika Selatan oleh Norwood Hypermarket pada 8 Desember 1990. Pizza itu beratnya mencapai 12 ton. Pizza itu berukuran 37 meter, mengandung 4,5 ton tepung. Taburan atau topping pizza ini mengandung 1,8 ton keju, 800 kilogram jamur, 900 kilogram tomat dilumatkan. Adapun 900 kilogram tomat cincang.

Pada tahun 2012 rekor pizza terbesar di dunia selanjutnya dibuat oleh lima juru masak atau chef asal Italia. Kelima chef ini membuat pizza beratnya 25 ton yang bebas gluten. Chef yang mengepalai pembuatan pizza itu, Dovilio Nardi.

Mengutip Huffington Post, Dovilio Nardi chef yang pernah bekerja di restoran pizza Italia untuk orang-orang yang alergi gluten. Pemecahan rekor pizza terbesar itu diatur oleh perusahaan yang memproduksi makanan bebas gluten, Dr. Schar.

Pizza ini dibuat dari 10 ton tepung terigu, 5 ton saus tomat, 4,5 ton keju mozzarella, 500 kilogram margarin, 249 kilogram garam, 100 kilogram selada, dan 25 kilogram cuka. Berat total pizza yang sudah matang, 25 ton.

Pembuatan pizza ini menghabiskan waktu memanggang selama 48 jam. Kerja keras kelima chef itu telah memecahkan rekor pizza terbesar yang sebelumnya dipegang oleh Norwood di Afrika Selatan pada 1990.

WINDA OKTAVIA

Baca: Italia Punya Mesin Penjual Otomatis Pizza Siap Santap, 3 Menit Jadi

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu


https://travel.tempo.co/read/1577916/tak-hanya-hidangan-meja-pizza-juga-pernah-dibuat-beratnya-sampai-hitungan-ton

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi