Tak Boleh Paksakan Ego Figur Partai

24 October 2022, 5:04

Senin, 24 Oktober 2022 – 05:04 WIB

VIVA Politik – Poros Nasdem, Partai Demokrat (PD), dan PKS yang dispekulasikan akan membentuk koalisi untuk Pilpres 2024 diisukan alot menentukan nama cawapres. Poros tiga partai politik (parpol) itu digadang-gadang akan mengusung eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Menanggapi itu, Ketua DPP Nasdem bidang Pemenangan Jawa I Banten-DKI, Effendy Choirie mengatakan hubungan pihaknya dengan PD serta PKS berjalan baik. Menurutnya, proses komunikasi antar elite tiga parpol dalam penjajakan koalisi masih jalan terus.
Gus Choi, sapaan akrabnya tak menampik urusan cawapres masih jadi bahasan tiga parpol. Hal itu termasuk keinginan PD yang ingin ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Dia menekankan figur cawapres pendamping Anies mesti berpijak pada kemenangan di 2024.

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kata dia, setiap parpol jangan memaksakan ego  untuk mensyaratkan figur cawapres tertentu.”Urusan cawapres tidak boleh saling memaksakan atas ego figur partai. Bagi Nasdem semua harus berpijak pada kepentingan kemenangan. Karena itu harus memilih cawapres yang menambah dukungan dan kekuatan,” kata Gus Choi kepada VIVA, Minggu malam, 23 Oktober 2022.Dia bilang Nasdem pun tak memaksakan kadernya jadi capres atau cawapres. Ia mengatakan Nasdem adalah partai terbuka, bukan ekslusif.”Bukan partai yang ego sentris dan sektoral untuk kadernya. Tidak sama sekali,” jelas Gus Choi.Gus Choi mengatakan demikian karena mesti dilihat sejak berdirinya Nasdem 10 tahun lalu. Ia bilang Nasdem tak berpikir untuk dirinya atau kadernya.”Padahal, kadernya juga banyak yang hebat. Punya kapasitas dan modal. Tapi, Nasdem terbuka untuk putra putri bangsa yang memiliki kapasitas lebih,” tuturnya.

Deklarasi calon presiden Partai Nasdem usung Anies Baswedan

Pun, soal kabar Nasdem ingin deklarasikan koalisi pada 10 November, dia menjawabnya. Menurut dia, bisa saja kemungkinan benar di tanggal tersebut sebagai deklarasi Nasdem bersama teman koalisinya.”Mungkin insya Allah. Tanggal 11 November resepsi HUT ke 11 Nasdem. Mungkin sebelumnya ada berbagai acara,” ujar Gus Choi.Untuk diketahui, Nasdem merupakan salah satu parpol yang sudah mendeklarasikan bakal capresnya pada Senin, 3 Oktober 2022. Jagoan Nasdem yang diproyeksikan sebagai bakal capres mereka adalah Anies Baswedan.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi