Sutarmidji Ungkap Tantangan Meningkatkan Ekonomi Kalbar, Salah Satunya Ekspor yang Belum Tercatat

16 September 2021, 21:18

Sutarmidji Ungkap Tantangan Meningkatkan Ekonomi Kalbar, Salah Satunya Ekspor yang Belum Tercatat

Kamis, 16 September 2021 – 15:01 WIB

Sutarmidji Ungkap Tantangan Meningkatkan Ekonomi Kalbar, Salah Satunya Ekspor yang Belum Tercatat

Tangkapan layar, Gubernur Kalbar Sutarmidji saat memberikan sambutan webinar pengembangan ekonomi daerah dengan tema ‘Akselerasi Pengembangan Industri Kelapa Sawit untuk Mendukung Ekonomi Berkelanjutan di Provinsi Kalbar’, Kamis (16/9/2021). (ANTARA/Dedi)

jpnn.com, PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengungkap tantangan meningkatkan ekonomi Kalbar melalui ekspor. 

Dia menegaskan bahwa tantangan meningkatkan ekonomi Kalbar saat ini ialah sebagian besar ekspor masih belum tercatat di daerahnya atau masih melalui pelabuhan luar. 

Menurut Sutarmidji, Kalbar memiliki banyak produk unggulan ekspor terutama dari hasil pertanian dan perkebunan seperti crude palm oil, karet, pinang, sarang burung walet serta dari pertambangan. 

“Namun, semua, sebagian besar ekspornya masih melalui pintu ekspor atau pelabuhan luar seperti Lampung,” kata dia. 

Sutarmidji menyampaikan itu saat memberikan sambutan dalam webinar pengembangan ekonomi daerah “Akselerasi Pengembangan Industri Kelapa Sawit untuk Mendukung Ekonomi Berkelanjutan di Provinsi Kalba”, Kamis (16/9). 

Menurut dia, sejauh ini ekspor melalui pintu ekspor Kalbar di Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, dan Pelabuhan Kijing, Kabupaten Mempawah, masih belum maksimal.

“Volume ekspor dari pintu Kalbar masih kecil dan itu tentu berdampak ke penerimaan pajak ekspor ke Kalbar minim,” ungkapnya.

Sutarmidji memprediksi apabila operasional Pelabuhan Kijing bisa optimal, ekonomi Kalbar dalam hal Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) bisa tertinggi di Kalimantan. 

SPONSORED CONTENT

loading…


https://www.jpnn.com/news/sutarmidji-ungkap-tantangan-meningkatkan-ekonomi-kalbar-salah-satunya-ekspor-yang-belum-tercatat

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi