Survei SMRC: Prabowo Bisa Menang 1 Putaran Jika Pilpres 2024 Diikuti Pimpinan Partai

23 October 2022, 17:56

Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC) merilis hasil survei terbarunya, terkait elektabilitas calon presiden jelang Pilpres 2024. Pada simulasi tiga nama yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, hasilnya, Ganjar masih menempati urutan pertama.
“Ganjar mendapatkan 32,1 persen, Prabowo Subianto 27,5 persen, dan Anies Baswedan 26 persen. Tapi masih ada 14,4 persen yang belum menjawab atau tidak tahu,” Direktur Riset SMRC, Deni Irvani saat jumpa pers daring, Jakarta, Minggu (23/10/2022).
Berdasarkan hasil itu, dia meyakini, kemungkinan besar hanya akan muncul tiga calon dalam pemilihan presiden karena besarnya ambang batas pencalonan presiden. Seseorang dapat dicalonkan menjadi capres oleh partai atau gabungan partai yang memperoleh total 20 persen kursi DPR.
Oleh karena itu, simulasi dari tiga nama yang selama ini paling kompetitif, penting untuk diamati jelang Pilpres 2024. 
“Tiga nama itu adalah Anies, Ganjar, dan Prabowo. Selain itu, Prabowo sudah dicalonkan oleh Partai Gerindra dan Anies diusung oleh Partai Nasdem. Sementara Ganjar dalam enam bulan terakhir selalu menduduki posisi teratas menurut pemilih,” urai Deni.
Dia menambahkan, dalam satu setengah tahun terakhir, dukungan kepada Ganjar mengalami kenaikan dari 25,5 persen pada Mei 2021 menjadi 32,1 persen pada Oktober 2022. Sementara itu, elektabilitas Prabowo cenderung melemah dari 34,1 persen menjadi 27,5 persen pada periode yang sama. 
“Kemudian untuk Anies, mengalami sedikit penguatan dari 23,5 persen menjadi 26 persen,” jelas Deni soal hasil survei SMRC.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi