Survei Sebut Belum Ada Capres Premium tapi Ada King-Queen Maker, Ini Maksudnya

17 June 2021, 18:52

Survei Sebut Belum Ada Capres Premium tapi Ada King-Queen Maker, Ini Maksudnya

loading…

JAKARTA – LSI Denny JA menyebut hingga kini belum ada calon presiden (capres) premium . Meskipun Prabowo Subianto yang selama ini sering berada di peringkat teratas survei, namun Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu belum bisa dikatakan capres premium.

Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud capres premium versi LSI Denny JA? Peneliti LSI Denny JA Network, Adjie Alfaraby menjelaskan, capres kelas premium adalah capres yang elektabilitasnya di atas 25 %.

“Semua capres yang namanya mengemuka ke publik termasuk, capres veteran Prabowo Subianto, elektabilitasnya hanya di bawah 25%,” kata Adjie dalam rilis hasil survei LSI Denny JA yang diterima SINDOnews, Kamis (17/6/2021).

LSI Denny JA menegaskan Pilpres 2024 masih 2 tahun 8 bulan lagi. Mereka yang akhirnya berlaga pada Pilpres 2024, tak hanya akan dinilai dari dukungan saat ini.Baca juga: Dokter Tirta Sebut Lonjakan Kasus COVID-19 yang Berulang seperti Lingkaran Setan

Mereka yang berlaga pun tak hanya diukur dari elektabilitas mereka katakanlah H-1 tahun menjelang pilpres, tapi juga kemampuan dan potensi para calon memperoleh tiket sah sebagai capres dan cawapres (syarat 20% kursi DPR atau 25% suara partai atau koalisi partai politik).

“Justru yang ada adalah terdapat tiga king/queen maker yang akan menjadi penentu siapa yang berlaga dan masuk panggung pilpres 2024,” katanya Adjie.

Adapun ketiga king/queen maker tersebut adalah Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto.

Terkait peluang Prabowo pada Pilpres 2024 yang juga termasuk salah satu king maker, LSI Denny JA menjelaskan kursi Gerindra di DPR adalah 78 kursi. Perolehan kursi Gerindra juga sudah mencapai 3/4 kursi.

“Gerindra hanya butuh tambahan 37 kursi lagi (1/4 kursi) untuk bisa mencalonkan capres atau cawapres. Prabowo berpotensi menjadi capres 2024. Namun tidak pas lagi menjadi cawapres. Karena Prabowo sudah naik pangkat menjadi capres (dua kali pada 2014,2019),” kata Adjie.Baca juga: Nagita Slavina Didandani Serupa Aminda yang Berusia 19 Tahun, Hasilnya Bikin Raffi Ahmad Takjub

(dam)


https://nasional.sindonews.com/read/458696/12/survei-sebut-belum-ada-capres-premium-tapi-ada-king-queen-maker-ini-maksudnya-1623924419

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi