Survei Indikator Politik: Tingkat Kepercayaan Pada Parpol Terendah, Hanya 54%

3 April 2022, 15:27

Merdeka.com – Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik cukup rendah dibandingkan dengan lembaga-lembaga lain seperti KPK, Polri, hingga Kejaksaan. Yakni, sebesar 54 persen.

“Ada kabar baik ada kabar kurang baik, kabar kurang baiknya adalah institusi demokrasi yang paling krusial seperti partai politik , DPR, DPD, MPR, itu tingkat trustnya relatif lebih rendah dibanding institusi demokrasi yang lain, jadi misalnya partai politik itu yang trust hanya kurang lebih sekitar 54 persen. Jadi cukup sedikit,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam siaran virtual, Minggu (3/4).

taboola mid article

“Jadi sangat sedikit baik yang sangat percaya atau cukup percaya bahkan dibanding institusi yang lain , parpol tingkat trustnya paling rendah,” tambahnya.

Hasil itu seharusnya menjadi perhatian serius partai politik. Sebab, katanya, wajah demokrasi terdapat dalam partai politik.

“Ada masalah serius, ini yang menurut saya perlu jadi introspeksi untuk parpol, buat DPR buat DPD, karena bagaimana pun wajah demokrasi kita itu mereka,” bebernya.

Pada dasarnya, ekspektasi masyarakat sangat tinggi kepada partai politik tetapi tidak bisa dijalankan secara baik. Sehingga tingkat kepercayaan publik menjadi rendah.

Untuk diketahui Indikator Politik Indonesia melakukan survei secara tatap muka pada 11 Februari – 21 Februari 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel basis sebanyak 1.200 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error–MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Berikut hasil survei terbaru IPI soal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi negara (sangat percaya dan cukup percaya):

TNI 93 persen

– Presiden 85 persen

– Polri 76 persen

– KPK 74 persen

– MA 79 persen

– MK 78 persen

– Pengadilan 74 persen

– Kejaksaan 74 persen

– MPR 67 persen

– DPR 61 persen

– DPD 65 persen

– Partai politik 54 persen

[lia]


https://www.merdeka.com/peristiwa/survei-indikator-politik-tingkat-kepercayaan-pada-parpol-terendah-hanya-54.html

 

Partai

Institusi

BUMN

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi