Superapp Mainkan Peran Penting Dorong Ekonomi Digital di Industri Pariwisata

3 April 2022, 15:06

Superapp Mainkan Peran Penting Dorong Ekonomi Digital di Industri Pariwisata

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menggelar diskusi Power Talk membahas peran superapp dalam mendorong kemajuan ekonomi digital khususnya di industri pariwisata, Jumat (1/3/2022).

Kehadiran superapp yang berkembang pesat di Indonesia dinilai ikut berkontribusi positif pada tingginya adopsi digitalisasi di kalangan pelaku usaha, terutama UMKM karena platform mereka membantu UMKM menjangkau pasar lebih luas.

Pandemi membuat adopsi digital di Tanah Air makin melaju cepat karena mengubah pola konsumsi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian mereka.

Baca juga: Genjot Kinerja Pariwisata, Menko Airlangga Inginkan Akselerasi Ekonomi Digital pada Online Travel

Sepanjang 2021, ekonomi digital di Indonesia tumbuh mencapai 70 miliar dolar AS atau meningkat hingga 49% dari tahun sebelumnya.

Tren ini juga turut mendorong perkembangan superapp dan sukses menggandeng lebih banyak mitra, termasuk UMKM bertransformasi digital untuk memasarkan bisnis mereka.

Kehadiran superapp ini diharapkan untuk dapat menjadi salah satu pendorong pemulihan ekonomi nasional, khususnya sektor pariwisata yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Dengan sepinya gairah sektor ini di tengah badai pandemi, pemerintah Indonesia pun berfokus untuk membangkitkan kembali pariwisata sebagai penyumbang devisa terbesar kedua bagi tanah air, sehingga dapat turut mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan, memasuki tahun 2022, sektor pariwisata terlihat mulai membaik dengan adanya pertumbuhan wisatawan mancanegara sejumlah 143.000 atau meningkat 13,6% dibanding tahun sebelumnya.

Sektor pariwisata sebagai salah satu kontributor utama pertumbuhan ekonomi nasional diharapkan mampu tumbuh 4,3% pada tahun ini.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/04/03/superapp-mainkan-peran-penting-dorong-ekonomi-digital-di-industri-pariwisata

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi