Stok Kambing Sedikit karena PMK, Khofifah Ajak Warga Kurban Domba

30 May 2022, 19:52

Senin, 30 Mei 2022 – 19:32 WIB

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai melakukan rapat koordinasi terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Hal itu dilakukan karena stok kambing di wilayahnya berkurang. 

Jelang hari raya Idul Adha dia pun mengajak umat muslim beralih ke domba karena stoknya di Jatim melimpah. 

“Untuk kambing kita mengalami kekurangan stok memenuhi syarat hewan kurban, prediksi 120 ribu kekurangannya. Sedangkan domba kita 185 ribu surplus jadi domba di Jawa Timur ini melebihi prediksi kebutuhan,” kata Khofifah di Malang, Senin, 30 Mei 2022.

Khofifah menuturkan, laporan sementara untuk kambing yang memenuhi persyaratan dikurbankan kurang 120 ribu ekor. Untuk itu dia mengajak masyarakat beralih ke domba. Kemudian, langkah selanjutnya memastikan seluruh hewan kurban baik kambing maupun domba harus memenuhi syarat berkurban diantaranya sehat, besar, dan sudah pupak atau powel. 

“Masyarakat yang dulu misalkan menggunakan kambing untuk hewan kurban dikonversi menjadi domba. Posisinya saat ini butuh pengawalan, proteksi agar hewan ini memenuhi syarat berkurban,” ujarnya.

Pemeriksaan PMK hewan ternak di Tangerang.

Pemeriksaan PMK hewan ternak di Tangerang.

Khofifah pun meminta kepada seluruh wali kota dan bupati di Jawa Timur untuk segera mengeluarkan surat keputusan terkait pengawasan dan pengawalan ke sejumlah tempat penjualan hewan kurban. Tujuannya, agar para penjual hewan kurban terpusat dan tidak tersebar di sejumlah titik demi menghindari transmisi penyebaran wabah PMK. 


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1479936-stok-kambing-sedikit-karena-pmk-khofifah-ajak-warga-kurban-domba?headline=1

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi