Stok Darah Menurun, PMI Kesulitan Cari Pendonor Saat Pandemi Covid-19

17 September 2021, 2:48

Liputan6.com, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) membeberkan stok darah di berbagai daerah mengalami penurunan sebanyak 20 hingga 30 persen selama pandemi Covid-19.

“Di tahun 2021 sampai September ini, memang ada penurunan. Tidak bisa mencukupi semua, ada di beberapa daerah,” kata Ketua Bidang Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Linda Lukitari di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Linda mengatakan, penurunan stk darah tersebut akibat banyak pendonor tak bisa leluasa mendonorkan darahnya karena masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah pada masa pandemi Covid-19.

Kondisi ini, kata dia, cukup menyulitkan mengingat permintaan stok darah selama masa pandemi Covid-19 justru mengalami peningkatan.

“Sementara pasien di darah tidak bisa menunggu. Permintaannya tetap, tidak ada perubahan justru meningkat dengan adanya Covid-19,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

Linda mengatakan meskipun mengalami penurunan, hingga September 2021 stok darah yang dimiliki PMI masih mencukupi, hanya saja tidak mencukupi di beberapa golongan darah tertentu.

Namun, kondisi saat ini tidak seperti tahun 2020 lalu yang mengalami penurunan drastis hingga hampir 60 persen.

“Di tahun 2021 ini kalau sampai September, mau dikatakan cukup mungkin belum mencukupi. Tapi kekurangannya tidak seperti di tahun 2020. Di 2020 setelah dinyatakan oleh pemerintah di bulan Maret itu adanya pandemi, itu turun drastis hampir 60 persen kita kekurangan darah,” ucap Linda.

Palang Merah Indonesia (PMI) hingga kini masih kekurangan persediaan plasma konvalesen untuk menolong para pasien Covid-19. Akibat minimnya pendonor, kebutuhan akan plasma konvalesen baru terpenuhi sebagian.


https://www.liputan6.com/news/read/4660282/stok-darah-menurun-pmi-kesulitan-cari-pendonor-saat-pandemi-covid-19

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi