Sri Mulyani Berlatih Panah, Analogikan Koordinasi Gerak Tubuh dengan Kelola APBN

2 April 2022, 17:03

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berlatih memanah,. Foto: Instagram Sri Mulyani Indrawati.

TEMPO.CO, Jakarta –  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghabiskan akhir pekan sebelum Ramadan dengan berlatih memanah. Ia belajar olahraga memanah di Gadog, Megamendung, Bogor bersama para sekretaris seluruh unit eselon 1 di Kementerian Keuangan. 

“Memanah! Fokus membidik target!” tulis Menteri Ani pada keterangan video yang diunggah enam jam lalu di akun Instagramnya, Sabtu, 2 April 2022. Ia terlihat serius belajar melemparkan busur anak panah ke target sasaran.  

Menteri Sri Mulyani menuturkan, latihan memanah dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan. “Dapat melatih fleksibilitas, kekuatan, dan merelaksasi tubuh, serta dapat meningkatkan fokus,” tulis mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan. 

Ani mencoba menganalogikan belajar memanah dengan mengelola APBN yang juga memerlukan koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah dan semua pihak. APBN, tulis Ani, harus selalu fleksibel namun kuat agar dapat mengatasi berbagai tantangan risiko ancaman pemulihan ekonomi hingga isu geopolitik.

Saat ini, Ani menuturkan, APBN #uangkita disiapkan agar dapat meningkatkan fokus membidik dan menjaga keseimbangan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan rakyat. Pengelolaan APBN yang tepat juga menjaga kesehatan, memulihkan ekonomi, dan mengembalikan kesehatan fiskal. “Apakah kamu juga melakukan olahraga yang melatih fokus dan keseimbangan jiwa dan raga?” tulisnya. 

Sri Mulyani rupanya tak hanya cakap mengaitkan antara belajar memanah dengan fokus membidik target pengelolaan APBN. Kemarin, masih di tempat yang sama, Ani menghubungkan antara keinginan diet tapi gagal berhenti makan dengan bertindak disiplin dalam tugas di Kementerian Keuangan RI. 

“Siapa yang sering bilang ingin diet tapi tak bisa berhenti makan? Itu terjadi karena apa yang kita pikirkan tidak sejalan dengan apa yang kita lakukan. Agar sejalan, kita harus disiplin dan memperbaiki cara kita menghadapi tantangan itu,” tulis Menteri Ani. 

Ani menuturkan, ia berharap penganalogian ini bisa memicu kedisiplinan para sekretaris di Kementerian Keuangan agar disiplin dalam bekerja. “Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Kemenkeu RI tidak boleh berjalan biasa-biasa saja, harus banyak memunculkan ide agar pemerintah dapat terus melindungi masyarakatnya dari berbagai goncangan,” tulis Ani. 

Sri Mulyani meminta para sekretaris itu agar terus menjaga semangat kolaborasi. “Jangan pernah berpikir sempit karena membangun dan menjaga Republik Indonesia yang sangat besar dan kompleks ini membutuhkan orang-orang yang berpikiran besar,” tulisnya. 

Baca juga: Dikunjungi Reza Rahadian, Sri Mulyani Mengaku Tidak Bahas Layangan Putus

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://seleb.tempo.co/read/1577723/sri-mulyani-berlatih-panah-analogikan-koordinasi-gerak-tubuh-dengan-kelola-apbn

Partai

Institusi

BUMN

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi