Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

17 August 2022, 10:10

 Presiden Jokowi mengenakan baju adat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). (Setpres)

SOLOPOS.COM – Presiden Jokowi mengenakan baju adat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). (Setpres)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara, dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi berwarna sangat cerah, yakni merah.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (17/8/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, mengatakan, pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi disebut dengan baju dolomani.

Baju adat ini sering dipakai Sultan Buton ke-35, Sultan Muhammad Ali, dalam berbagai kesempatan.

Tetapi, baju yang dipakai Sultan Buton biasanya berwarna hitam. Sementara yang dikenakan Presiden Jokowi kali ini berwarna merah menyala.

Pakaian adat yang satu ini sarat makna filosofis. Salah satunya yaitu sulaman bermotif bunga rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin.


https://www.solopos.com/spesial-ini-makna-baju-adat-buton-dipakai-jokowi-di-hut-ke-77-ri-1395784?utm_source=terkini_desktop

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi