Sopir Truk di Jambi Antre 6 Jam Demi Dapatkan Solar, Pertamina Siapkan SPBU Mobile untuk Atasi Kemacetan

2 April 2022, 18:37

PIKIRAN RAKYAT – Antrean kendaraan yang mengisi solar subsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Jambi menimbulkan kemacetan parah dalam beberapa pekan terakhir.

Hafiz, salah seorang sopir truk angkutan batu bara rute Sarolangun-Talang Duku, terpaksa mengantre hingga enam jam demi mendapatkan solar di SPBU.

“Saya tiba di sini jam 06.00 WIB, dan ini sudah jam 11.00 WIB siang belum juga dapat,” kata dia.

Ia mengatakan dalam satu kali perjalanan dari lokasi penambangan, setidaknya dibutuhkan BBM solar hingga 60 liter, sehingga dirinya sejak kemarin harus mengantre di SPBU lain untuk mencukupi kebutuhan.

Baca Juga: Relawan Jokowi Ungkap Munarman Menangis saat Dia Mau Jadi Saksi: Kok Orang Perlakukan Beliau Seperti Ini?

Pasalnya, Pemkot Jambi mengeluarkan aturan pembatasan pembelian solar untuk kendaraan pengangkut batu bara, maksimal 40 liter.

Merespons hal itu, PT Pertamina menyiapkan SPBU Mobile untuk mengatasi antrean kendaraan yang didominasi angkutan truk batu bara, CPO, dan hasil bumi lainnya di Jambi.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 15 unit mobil tangki dengan kapasitas mulai dari 5.000 kiloliter hingga 16.000 kiloliter.

“Kami siapkan 15 mobil tangki dan mulai hari ini sudah dimobilisasi lima mobil. Mengenai titik-titiknya kami akan berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Jambi,” kata Nicke memberikan konferensi pers di Jambi, Sabtu, 2 April 2022.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014142676/sopir-truk-di-jambi-antre-6-jam-demi-dapatkan-solar-pertamina-siapkan-spbu-mobile-untuk-atasi-kemacetan

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi