Sony Bakal Genjot Produksi PS5

30 May 2022, 12:17

KOMPAS.com – Sejak awal peluncurannya pada 2020 lalu, konsol game generasi terbaru dari Sony, yaitu PlayStation 5 (PS5) bisa dibilang sulit didapatkan di pasaran.

Hal ini disebabkan oleh permintaan yang tak sebanding dengan stok PS5 yang telah disiapkan Sony. Meski demikian, kelangkaan PS5 ini tampaknya bakal berakhir dalam waktu dekat.

Pasalnya, Presiden dan CEO Sony Interactive Enterainment (SIE), Jim Ryan berjanji bakal menambah produksi PS5 dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: PS5 Langka, Sony Malah Genjot Produksi PS4

Ia tak mengumbar berapa jumlah penambahan produkai suksesor PS4 tersebut secara rinci. Yang jelas, jumlah penambahan tersebut akan lebih banyak dari sebelumnya.

“Kami berencana untuk menambah angka produksi konsol game (PS5) kami ke angka yang belum pernah kami capai,” ujar Ryan dalam pernyataannya kepada para investor, dikutip KompasTekno dari Gizmodo, Minggu (29/5/2022)

Dalam laporan keuangan terbarunya pada kuartal-IV tahun finansial 2021 (FY21), Sony sendiri mengungkap bahwa mereka sukses menjual sekitar 2 juta unit PS5, berkurang dari 3,3 juta unit pasa periode yang sama tahun lalu.

Dengan penambahan ini, total PS5 yang berhasil terjual sejak peluncurannya adalah sekitar 19,3 juta unit, yang terdiri dari 11,5 juta unit di FY21 dan 7,8 juta unit di FY20.

Baca juga: Sony PS5 Bakal Makin Langka?

Kembali lagi ke penurunan penjualan tadi, hal tersebut, lanjut Ryan, bukan disebabkan oleh permintan PS5 yang menurun, melainkan karena kelangkaan komponen hardware yang melanda dunia, sebagai efek dari pandemi Covid-19.

Meski demikian, seperti apa yang disebutkan di atas, Ryan optimis pihaknya bisa meningkatkan produksi PS5 dengan mengamankan pasokan komponen untuk merakit konsol game tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

Hal itu bisa ditempuh dengan mencari pemasok komponen yang lebih banyak dan bervariasi, alih-alih mengandalkan pemasok komponen yang sudah ada.

Dengan begitu, proses produksi PS5 tidak akan terganggu oleh pandemi Covid-19 atau invasi Rusia ke Ukraina yang berdampak pada banyak sektor.

Baca juga: Sony Setop Jual Konsol dan Game PlayStation di Rusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://tekno.kompas.com/read/2022/05/30/08000057/sony-bakal-genjot-produksi-ps5-

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi