Solusi Terbaik untuk Website Bisnis Anda yang Sering Down

3 November 2021, 14:01

Solusi Terbaik untuk Website Bisnis Anda yang Sering Down

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai pemilik bisnis usaha yang mengandalkan website bisnis sebagai media promosi atau memperjualbelikan produk dagang, tentunya situasi website yang tidak stabil menjadi permasalahan yang sangat mengganggu.

Permasalahan website yang sering down menjadi hal yang perlu tanggapan serta solusi yang tepat dan efektif, sebab trafik bisnis bisa sangat terganggu apabila masalah ini selalu berulang. Dan bisa menyebabkan performa penjualan menurun.

Lalu, apa sebenarnya penyebab website bisnis bisa down dan bagaimana solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Website Bisnis dalam Kondisi Down

Ada beberapa alasan mengapa website bisnis bisa down, beberapa diantaranya, yaitu :

1. Traffic Overload

Para penggiat usaha seringkali mengalami kondisi dimana trafik melonjak sebab konten atau isi dari website kita sedang viral atau bahasa awamnya adalah banyak dikunjungi secara bersamaan.

Hal ini bisa membuat situs web Anda menyebabkan server menjadi lambat bahkan terjadi down ketika mengaksesnya. Pertolongan pertama adalah dengan menaikkan kapasitas dari web hosting yang Anda gunakan.

2. DdoS Attack

Ddos sendiri merupakan kepanjangan dari Distributed Denial of Services. Jadi Ddos Attack adalah dimana adanya permintaan fake atau false request yang terjadi secara terus-menerus kepada server.

Pada akhirnya, terjadi kesulitan dalam memproses permintaan sebab terlalu banyak dan menumpuk. Akibatnya, permintaan asli atau valid request menjadi terhalang karena serangan ini.

3. Error DNS

Hal lain yang menyebabkan website bisnis Anda down adalah dengan terjadinya DNS yang bermasalah. DNS sendiri merupakan salah satu bagian yang cukup penting dari sebuah website.

Sehingga DNS memudahkan komunikasi internet dengan URL user. jadi, DNS harus mensettingnya dengan benar agar tepat mengarah pada website yang tepat.

4. SPOF (Single Point of Failure)

Single Point of Failure merupakan salah satu titik kelemahan dari sebuah sistem yang apabila titik dari sistem tersebut failed, maka sistem secara keseluruhan tidak berfungsi dengan semestinya.

Solusi untuk menghilangkan Single Point of Failure ini, bisa dengan mendesain perencanaan yang baik, mulai dari monitoring dan kontrol yang disiplin sampai dengan pemilihan hardware dan software dengan teliti.

Kerugian dari Website Bisnis Down

Apabila terjadi website bisnis yang down tentu saja selaku pemilik usaha akan mengalami kerugian, diantaranya yaitu :

1. Trafik Penjualan Menurun

Apabila situs web bisnis Anda mengalami down maka tentu saja akan sangat berpengaruh pada trafik penjualan pada situs web penjualan.

Sebab, tentu saja jika website down, mengurangi kesempatan untuk membuat para pembeli mengakses situs Anda. Otomatis, trafik penjualan akan mengalami penurunan.

2. Kehilangan Merk Branding

Ketika server pada situs web mengalami down, mengakibatkan trafik pengunjung turun dan efek sampingnya adalah mencoreng nama baik dari merk branding yang sudah Anda bangun.

Bisa saja kepercayaan customer menjadi berkurang dan memilih kompetitor dengan situs web yang tentunya lebih stabil.

Apabila Website Bisnis Anda Down, Segera Atasi Secepatnya!

Untuk mengecek kondisi server yang down, jika Anda menggunakan layanan hosting terbaik dari Niagahoster, ada cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan server, yaitu melalui page di bagian Niagahoster Service Status.

Niagahoster menjadi jawaban serta solusi terbaik ketika situs web bisnis Anda sering mengalami down. Sebab Anda pasti akan mendapat layanan terbaik bahkan informasi maintenance lengkap, mulai dari waktu dan efek yang akan terjadi.

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia .


Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi