Solo Bersiap Terima Limpahan Pasien Covid-19 dari Kudus

8 June 2021, 9:09

Boyolali, Gatra.com – Sejak hari Minggu (6/6) kemarin, pasien Covid-19 dari Kudus mulai dilimpahkan ke wilayah Solo Raya. Bantuan untuk Kudus pun mulai disiapkan. Mulai dari mengirim tenaga kesehatan (nakes) sampai menyiapkan rumah sakit di Kota Solo.

Direktur RSUD dr Moewardi Cahyono Hadi mengatakan RS tersebut telah mengirim 10 nakes ke Kudus yang mayoritas dokter spesialis. ”Sudah kemarin-kemarin kami kirimkan,” katanya saat dihubungi via telepon, Senin (7/6).

Mereka akan membantu penanganan Covid-19 di Kudus hingga kasus di kabupaten tersebut terkendali. Pengelola RSUD dr Moewardi juga menyiapkan penambahan tempat tidur. Antisipasi ini dilakukan untuk menghadapi limpahan pasien di Kota Solo.

”Selain itu, kami juga mengantisipasi jika ada pengiriman pasien dari daerah lain,” katanya.

Cahyono mengatakan saat ini keterisian tempat tidur di RSUD Moewardi mencapai 50 persen. Pihaknya juga akan menambah daya tampung di RSUD dr Moewardi hingga 200 tempat tidur.

”Sekarang sudah terisi separuhnya. Kalaupun ada lonjakan, kita siap menambah tempat tidur lagi,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih mengatakan pihaknya siap membantu ketika kasus atau pasien Covid-19 melonjak. Ia juga telah menginstruksikan rumah sakit untuk menyediakan tempat tidur saat pasien kiriman dari daerah lain datang.

”Saat ini sudah kami instruksikan, rumah sakit sudah bersedia jika ada lonjakan kasus. Angka keterisian tempat tidur saat ini mencapai 69 persen,” kata Siti.

Ia juga mengimbau masyarakat Kota Solo agar tetap tenang. Meski saat ini Pemkot Solo tengah fokus mengebut vaksinasi, pelayanan terhadap pasien juga diutamakan.

”Pemerintah tetap bertanggung jawab. Kami meningkatkan kapasitas tempat tidur ini juga sebagai kontribusi terhadap masyarakat dan bantuan untuk daerah lain. Sebab Solo ini kan menjadi rujukan bagi daerah sekitar,” katanya.


Reporter: Novita Rahmawati

Editor: Arif Koes

   



https://www.gatra.com/detail/news/513882/kesehatan/solo-bersiap-terima-limpahan-pasien-covid-19-dari-kudus

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi