Soal Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Argo Yuwono: Kami akan Maksimalkan Tegurannya

3 November 2021, 16:59

Ilustrasi uji emisi kendaraan bermotor

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum lama ini mengumumkan, kendaraan roda dua dan empat wajib mengikuti uji emisi kendaraan, seperti termaktub dalam Pergub DKI Jakarta No 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Pengemudi kendaraan yang tak lolos uji emisi bahkan bakal dikenai Pasal 285 dan Pasal 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pengemudi sepeda motor yang tak lakukan uji emisi kendaraan dikenai denda maksimal sebesar Rp250.000, sedangkan kendaraan roda empat didenda maksimal sebesar Rp500.000.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono menuturkan akan ada teguran bagi pengemudi yang kendaraannya tak lolos uji emisi.

Dikatakan Argo Wiyono, pihaknya akan menegur hingga menerapkan sanksi tilang terhadap kendaraan yang tak lolos uji emisi atau belum mengikuti uji emisi di wilayah DKI Jakarta akan dikenai sanksi penindakan mulai bulan ini baik secara teguran maupun sanksi tilang.

Baca Juga: Teuku Ryan Bikin Sakit Hati, Ria Ricis Menangis hingga Terlibat Cekcok Jelang Menikah

Di samping itu, Argo Wiyono menyebut bahwa, sosialisasi ihwal peraturan tersebut bakal gencar dilakukan lantaran tak sedikit masyarakat yang belum memahami aturan tersebut.

“Sanksi kan ada berbagai macam ada tilang, ada teguran. Kalau kita lihat trennya, kita akan lebih terapkan teguran dulu sebelum terapkan sanksi,” kata dia, Rabu 3 Nopember 2021.

“Tapi (sanksi tilang) itu the last option. Kami akan maksimalkan dulu tegurannya,” katanya lagi, seperti dikutip dari PMJ News.

Teguran tersebut dikatakan Argo akan dilaksanakan sampai kendaraan yang ada di wilayah DKI Jakarta sudah melakukan uji emisi di bengkel yang tersertifikasi atau Dinas Lingkungan Hidup.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012935808/soal-uji-emisi-kendaraan-bermotor-argo-yuwono-kami-akan-maksimalkan-tegurannya

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi