Siskaeee Rajin Baca Al-Quran Selama di Dalam Tahanan

1 April 2022, 11:11

https: img.okezone.com content 2022 04 01 337 2571433 siskaeee-rajin-baca-al-quran-selama-di-dalam-tahanan-uxWqOq8ci4.jpg

YOOGYAKARTA – Petugas gabungan melakukan razia di dalam Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) atau Lapas Perempuan Kelas 2 Yogyakarta, Kamis 31 Maret 2022, malam. Razia ini untuk mencari benda yang kemungkinan disimpan oleh perempuan warga binaan.

Razia sendiri dimulai dengan apel petugas gabungan di aula dalam lapas tersebut. 5 menit setelah pembekalan dari Kepala LPP Kelas 2 Yogyakarta, Ade Agustina, petugas langsung bergerak menuju ke blok tahanan.

Salah satunya yang tinggal di ruangan adalah Siskaeee, perempuan 23 tahun yang terjerat undang-undang ITE dan Pornografi. Namun kini, dirinya dsiebut petugas kian rajin membaca Al-Quran selama berada di tahanan.

Ia dititipkan di Lapas Perempuan karena masih menjalani persidangan. Dia kini berada di salah satu kamar di blok medium security lantai bawah. Siskaeee nampak dengan cermat menunggui petugas yang melakukan penggeledahan di ruangannya tinggal. Dia berdiri di tengah ruangan dan terkadang sembari melipat tangan ke belakang menyaksikan proses penggeledahan.

Berbalut seragam Lapas warna merah, nampak leher Siskaeee ditempel koyo. Sesekali Siskae berbincang kecil dengan petugas yang melakukan pemeriksaan. Siskaeee terus mengamati proses penggeledahan hingga selesai.

Kepala LPP Kelas 2 Yogyakarta Ade Agustina menuturkan, Siskaeee belum lama tiba di Lapas tersebut. Dia dititpkan oleh Polda DIY selama menjalani sidang. Sidang sendiri dilakukan secara daring dengan Pengadilan Negeri Wates.

“Dia sudah 16 harinan di sini. Siskae berada dì LPP Kelas 2 Yogyakarta sebagai tahanan titipan. Di sini ada 5 tahanan titipan polisi termasuk Siskae ini,” kata Ade, Jumat (1/4/2022).

Dia sudah selesai menjalani karantina yang memang menjadi menu wajib bagi warga binaan baru. Mereka akan menjalani karantina untuk melakukan penyesuaian diri sekaligus juga menghindari terpapar Covid-19.

Menurut Ade, saat pertama datang ke Lapas, kondisinya nampak kusut dan cenderung diam. Dia nampak menanggung beban psikis yang cukup berat. Namun kini siskae sudah banyak berubah dibanding ketika pertama kali masuk ke Lapas.

“Saat ini Siskaeee sudah bisa tersenyum dan bercanda dengan teman-temannya,” terang dia.

Ade menambahkan, Siskaeee memang tipikal orang yang pendiam. Namun ketika diajak ngobrol, Siskae cukup enak dan nyaman serta nyambung diajak membicarakan topik apapun.

“Siskaeee kini lebih terbuka dan mau berinteraksi dengan warga binaan yang lain.

Di blok medium security di mana Siskaeee menempati, ada 65 orang termasuk dirinya. Di sana ada berapa kamar dengan kapasitas berbeda satu sama lain tergantung besar kecil ruangannya.

Di dalam Lapas, Siskae kini lebih rajin beribadah. Siskae ternyata cukup pintar membaca Al Quran. Wanita asal Yogyakarta ini kini rajin membaca Al Quran. Wanita tersebut juga mengaku kepada Ade sudah bertobat dan tidak ingin mengulangi perbuatannya.

“Dia dipantau ketat oleh pengawas pengadilan. Kami selalu berkoordinasi dengan mereka,” terangnya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/04/01/337/2571433/siskaeee-rajin-baca-al-quran-selama-di-dalam-tahanan?page=1

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi