Sinergi Lintas Industri Dibutuhkan untuk Meningkatkan Kapabilitas UMKM

31 May 2022, 9:07

Sinergi Lintas Industri Dibutuhkan untuk Meningkatkan Kapabilitas UMKM

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki melihat bahwa sinergi lintas industri, khususnya di sektor digital, makin dibutuhkan guna meningkatkan kapabilitas UMKM di kanal online.

Disampaikan Teten, saat peluncuran vending machine cerdas pertama di Indonesia yang khusus menjual produk UMKM, hasil kolaborasi Blibli bersama JumpStart.

Vending machine tersebut, menjadi platform terbarukan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran, promosi, dan distribusi produk dengan lebih efisien secara omnichannel.

Baca juga: Blibli Ajak Pelanggan Kembalikan Sampah Kemasan di Peringatan Hari Bumi

“Maka dari itu, kami mengapresiasi inisiatif dari Blibli dan JumpStart dalam memberikan dukungan peningkatan kapasitas hingga pemasaran terhadap produk-produk UMKM yang kini kian berkualitas,” tutur Teten di Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

Ia berharap, sinergi tersebut dapat memberikan manfaat nyata yang berkelanjutan bagi UMKM sekaligus menginspirasi para pelaku industri lainnya untuk bergandengan tangan mendukung kemajuan UMKM yang merupakan agen kebangkitan ekonomi nasional.

CMO Blibli Edward Kilian Suwignyo mengatakan bahwa Blibli berkomitmen untuk terus memperluas akses akan produk-produk UMKM terdepan bagi pelanggan, dan kolaborasi ini menjadi wujud nyata dari komitmen tersebut.

“Blibli dan JumpStart sebagai perusahaan teknologi memiliki kesamaan visi dalam mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia, dengan ekosistem yang lengkap kolaborasi ini menghadirkan dukungan teknologi, mengakselerasi tingkat adopsi kanal bisnis terkini, khususnya omnichannel yang lebih terintegrasi,” ucapnya.

Baca juga: Perluas Lapangan Kerja Lewat Pelatihan UMKM, Sandiaga Dukung Pengusaha Lokal

CEO Jumpstart Brian Imawan mengatakan, JumpStart dan Blibli sama-sama memiliki ekosistem teknologi mumpuni, sehingga optimis kolaborasi tersebut diharapkan dapat mendukung digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia sekaligus menumbuhkan semangat kebanggaan akan produk lokal di hati masyarakat.

“Dengan penyebaran 1000 vending machine di Jabodetabek, JumpStart akan mengisi beberapa slot pada tiap vending machine untuk produk UMKM binaan Blibli, harapannya semoga, vending machine ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan awareness, mencapai target pasar, hingga memperkuat product showcase dengan lebih efisien,” ucapnya.

Pada kerja sama ini, Blibli telah menggandeng 36 UMKM untuk menghadirkan 180 varian produk lokal terbaik yang bisa langsung didapat pelanggan di vending machine inovatif yang disediakan oleh JumpStart.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/31/sinergi-lintas-industri-dibutuhkan-untuk-meningkatkan-kapabilitas-umkm

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi