Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Bikin Pantun Pohon Beringin dan Capres

16 August 2022, 10:29

Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Bikin Pantun Pohon Beringin dan Capres
Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2022. ©Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR/DPR/DPD pada Selasa (16/8). Dalam pidatonya, Bamsoet menyampaikan sejumlah hal. Termasuk tentang Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Sebelum memulai pidatonya, Bamsoet membuka pidatonya dengan pantun. Pantun tersebut berkaitan dengan gotong royong menjaga persatuan dan kesatuan.

taboola mid article

“Ada burung di atas dahan. Dahannya ada di pohon beringin. Saya ucapkan salam pembukaan, kepada semua para hadirin,” kata Bamsoet.

“Agustus bulan kemerdekaan, gotong royong menjadi kekuatan, agar Indonesia sukses menyongsong masa depan. Jaga terus persatuan dan kesatuan,” sambung Bamsoet.

2 dari 4 halaman

Dia mengatakan, kondisi global saat ini semakin tidak menentu. Semua negara sedang berupaya keras memulihkan ekonominya, pasca pandemi Covid-19. Namun, fase ini terganggu oleh dinamika global, seperti konflik Rusia- Ukraina, perang dagang dan teknologi Amerika Serikat-Tiongkok.

“Ketegangan baru di Selat Taiwan, serta disrupsi rantai pasok yang berimplikasi pada fluktuasi harga komoditas pangan dan energi,” ujar Politikus Golkar itu.

Bamsoet juga menyinggung kenegarawanan Presiden Jokowi yang menurut dia kembali ditunjukkan. Misalnya melalui pelaksanaan salah satu tujuan pembentukan pemerintah negara Indonesia, yaitu: ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

3 dari 4 halaman

Kata Bamsoet, misi perdamaian Presiden, dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa waktu yang lalu, patut kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

“Perang dengan alasan apapun, selalu membawa petaka, kehancuran, dan kesengsaraan. Menghancurkan peradaban, yang telah dibangun berabad-abad lamanya. Membawa krisis kemanusiaan, krisis ekonomi, krisis pangan, dan krisis energi,” kata dia.

Selain bicara krisis global, Bamsoet juga menyinggung tentang kebijakan fiskal yang dilakukan pemerintah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

4 dari 4 halaman

Tidak cuma itu, Bamsoet juga menyinggung tentang Ibu Kota Negara (IKN) merupakan proyek jangka panjang.

Setelah menyampaikan pidatonya, Bamsoet juga menutup dengan pantun. Dia menyinggung tentang capres jelang Pemilu 2024.

“Kupu-kupu terbang bersama kumbang, Hinggap di dahan pohonnya palsu. Para Capres/Cawapres tak perlu bimbang, Ingat pesan Presiden : ojo kesusu,” katanya.

“Burung merpati terbang di atas sawah, Purnama datang dari negeri sebelah. Koalisi masih bisa berubah, Pemilu jangan sampai membuat kita terbelah,” tutup Bamsoet.

[rnd]


https://www.merdeka.com/politik/sidang-tahunan-mpr-bamsoet-bikin-pantun-pohon-beringin-dan-capres.html

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi