Siapa Malaikat yang Bertugas Meniup Sangkakala?

3 November 2021, 19:48

Siapa Malaikat yang Bertugas Meniup Sangkakala?

Suara.com – Malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah malaikat Israfil. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap malaikat diperintahkan oleh Allah untuk mengemban tugas masing-masing.

Setiap tugas kepada malaikat yang diberikan oleh Allah bukanlah tanpa sebab. Melainkan ada makna dibaliknya, sebagai seorang Muslim yang taat tentunya sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk senantiasa mengimaninya.

Singkatnya malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari cahaya, artinya mereka memiliki perbedaan dengan manusia. Baik secara bentuk maupun sifat.

Dari sekian banyak malaikat, terdapat satu malaikat yang diperintahkan oleh Allah untuk meniupkan sangkakala pada hari kiamat tiba. Di bawah adalah ulasan tentang tugas malaikat Israfil dan penjelasannya, mari simak!

Baca Juga:
LENGKAP Bacaan Surat An Naziat 1-10: Latin dan Terjemahan

Tugas Malaikat Israfil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, malaikat yang bertugas meniup sangkakala adalah bernama Israfil. Allah menjelaskan tugas yang diemban oleh malaikat tersebut dalam surat Az-Zumar ayat 68 yang artinya:

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu [putusannya masing-masing],”

Perlu anda ketahui bahwa saat kiamat datang malaikat Israfil akan meniup sangkakala sebanyak 2 kali, pada tiupan pertama semua makhluk yang hidup di alam semesta ini akan musnah terkecuali yang kehendaki oleh Allah untuk tetap hidup.

Kemudian pada tiupan kedua semuanya akan kembali dibangkitkan, pada tiupan kedua ini semua makhluk akan berkumpul pada sebuah tempat yang bernama padang Masyar. Pada saat inilah segala jenis tindakan yang kita lakukan selama hidup di muka bumi akan dimintai pertanggung jawaban.

Baca Juga:
Terlelaplah Malaikat Kecilku

Rasulullah SAW pernah bersabda:


https://www.suara.com/news/2021/11/03/192207/siapa-malaikat-yang-bertugas-meniup-sangkakala

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi