Siap-siap, Biaya Langganan First Media, IndiHome, dan MyRepublic Bakal Naik

2 April 2022, 10:06

Ilustrasi TV kabel, ilustrasi langganan Indihome, ilustrasi langganan First Media.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah resmi menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen mulai Jumat (1/4/2022). Melalui aturan terbaru, terdapat barang dan jasa dikenai tarif PPN 11 persen, seperti layanan langganan internet dan TV kabel.

Adapun tiga perusahaan internet service provider (ISP) yang sudah mengkonfirmasi perihal kenaikan biaya langganan, yakni First Media, MyRepublic, dan IndiHome. Dengan demikian, pelanggan ISP perlu bersiap untuk kenaikan biaya langganan di bulan depan.

First Media mengkonfirmasi penyesuaian biaya berdasarkan kenaikan PPN 11 persen melalui surat elektronik kepada para pelanggan.

“Penambahan ini akan dikenakan pada total biaya berlangganan paket yang Anda miliki berlaku mulai 1 April 2022. Apabila ada perubahan tanggal efektif pemberlakukan tarif PPN yang baru oleh pemerintah, maka tanggal efektif perubahan tarif PPN pada tagihan pelanggan First Media juga akan dilaksanakan mengikuti kebijakan pemerintah yang paling baru,” tulis First Media.

Baca juga: Usai PPN 11 Persen, Siap-siap Pajak Karbon Berlaku Mulai 1 Juli 2022

IndiHome juga mengonfirmasi hal yang sama. Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, layanan IndiHome bakal dikenai tarif pajak pertambahan nilai yang baru.

“Sebagai BUMN, tentunya Telkom akan mematuhi peraturan pemerintah yang telah ditetapkan, dalam hal ini perubahan nilai PPN menjadi 11 persen yg diberlakukan sejak 1 April 2022,” kata Pujo saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (30/3/2022).

Pujo mengungkapkan, pihak IndiHome sudah melakukan sosialisasi penerapan tarif PPN 11 persen yang baru melalui berbagai saluran komunikasi, mulai dari e-mail, SMS, dan situs resmi indihome.co.id.

Selain itu, perusahaan ISP MyRepublic juga mengirimkan e-mail sosialisasi penyesuaian harga kepada para pelanggannya. Dalam surel tersebut, MyRepublic memastikan penyesuaian tarif yang akan dilakukan per tanggal 1 April 2022.

“Bersamaan dengan e-mail ini, kami menginformasikan bahwa per tanggal 1 April 2022 terdapat perubahan tarif PPN yang sebelumnya 10 persen menjadi 11 persen yang berpengaruh pada perubahan jumlah tagihan bulanan Anda,” tulis surel tersebut.

Baca juga: Bitcoin dkk Menguat, Cek Harga Kripto Hari Ini

Namun demikian, Oxygen.id yang juga merupakan salah satu perusahaan ISP mengatakan, pihaknya saat ini tengah membicarakan terkait dengan potensi kenaikan tarif langganan, dan belum dapat menginfokan secara rinci.


https://money.kompas.com/read/2022/04/02/085801726/siap-siap-biaya-langganan-first-media-indihome-dan-myrepublic-bakal-naik

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi