Setelah El Salvador, Honduras dan Guatemala Akan Legalkan Bitcoin Jadi Mata Uang Sah

16 September 2021, 17:16

Setelah El Salvador, Honduras dan Guatemala Akan Legalkan Bitcoin Jadi Mata Uang Sah

RADARBANGSA.COM – Kebijakan El Salvador yang mengesahkan Bitcoin sebagai mata uang negara pada Senin 6 September lalu  membuat negara Amerika Tengah lainnya seperti Honduras dan Guatemala ingin menjajaki pelegalan aset kripto sebagai mata uang negaranya.  

Keinginan tersebut dinyatakan melalui langkah Bank Sentral  Honduras dan Guatemala  yang tengah mempelajari kemungkinan pengadopsian kripto sebagai mata uang legal.

“Bank Sentral Honduras juga baru-baru ini mulai studi untuk menentukan kelayakan melakukan uji coba menerbitkan uang digitalnya sendiri atau mata uang digital bank sentral, dan disetujui oleh dewan direksi,” kata Presiden Bank Sentral Honduras Wilfredo Cerrato, berbicara di forum ekonomi regional di Tegucigalpa, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 16 September 2021.
 
Cerrato mengatakan adopsi mata uang digital di negara-negara Amerika Tengah harus ditangani di Dewan Moneter Amerika Tengah, yang menyatukan otoritas bank sentral.
 
Sementara Wakil Presiden Bank Sentral Guatemala Jose Alfredo Blanco mengatakan, bank sedang mempelajari kemungkinan mata uang digital lokal yang akan disebut iQuetzal.
 
“Mungkin akan memakan waktu lama untuk menyelesaikan tahap investigasi,” kata Blanco, seraya menambahkan bahwa sebuah komite untuk bank digital telah dibentuk enam bulan lalu.

Dari sudut pandang CEO  Indodax, Oscar Darmawan, Honduras dan Guatemala melakukan hal itu untuk mengurangi ketergantungan terhadap mata uang dolar.

“Kebanyakan warga Honduras dan Guatemala bergantung uang kiriman dari keluarga mereka yang bekerja di Amerika Serikat,” ujar Oscar dalam keterangannya, Kamis 16 September 2021.

Setiap kiriman uang ada biaya potongan yang cukup besar yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Adanya rencana melegalkan uang kripto sebagai mata uang bisa dijadikan alternatif dan keuntungan bagi mereka.

Beberapa negara yang diisukan mengadoposi Bitcoin sebagai mata uang legal adalah Kuba, Panama, Paraguay. Tidak hanya negara Amerika Tengah, saat ini sepertinya kebijakan baru bitcoin di El Salvador juga sudah berimbas ke benua eropa.

 


https://www.radarbangsa.com/ekobis/34236/setelah-el-salvador-honduras-dan-guatemala-akan-legalkan-bitcoin-jadi-mata-uang-sah

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi