Sentil BKN, Puan Maharani: Harus Bisa Menutup Celah Kecurangan Tes CPNS

3 November 2021, 12:59

Ketua DPR RI Puan Maharani.

PIKIRAN RAKYAT – Insiden kecurangan yang dilakukan oleh peserta tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) beberapa waktu lalu menyita perhatian publik bahkan pejabat negara.

Ketua DPR Puan Maharani menilai indikasi kecurangan yang terjadi dalam tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus diusut tuntas karena akan merugikan peserta lain dan pelayanan publik.

“Kecurangan dalam seleksi CPNS harus diusut tuntas karena tidak hanya merugikan peserta lain tapi pada akhirnya akan merugikan pelayanan publik,” kata Puan Maharani.

Puan Maharani mengaku prihatin atas indikasi kecurangan CPNS 2021 ketika pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terjadi di sejumlah titik lokasi seleksi, sehingga harus mendapat perhatian serius.

Baca Juga: Masak Cantik ala Chef Devina: Resep Sederhana Bikin Cemilan Tahu Cabai Garam, Kriuk Kriuk Pedas

Menurutnya, berbagai kecurangan tersebut berpotensi meloloskan aparatur negara yang tidak cakap dan tidak berintegritas.

“Kita tidak ingin pelayanan publik menjadi buruk dengan adanya ASN yang lolos tes CPNS dari hasil cheating. Peserta yang cheating jangan sampai lolos,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa harus ada investigasi menyeluruh terhadap kasus yang viral di media sosial tersebut.

Baca Juga: Hempas Kiwil dari Hidupnya, Rohimah Kini Hidup Bak Ratu di Tangan Kekasih Berondong

Oleh karena itu, ia meminta harus ada evaluasi terhadap sistem dan mekanisme pelaksanaan SKD, termasuk dari segi IT.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012933694/sentil-bkn-puan-maharani-harus-bisa-menutup-celah-kecurangan-tes-cpns

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi