Sempat Hilang 1 Abad, Sertifikat Nikah Ini Berhasil Kembali ke Tangan Pemiliknya

3 November 2021, 2:05

Sempat Hilang 1 Abad, Sertifikat Nikah Ini Berhasil Kembali ke Tangan Pemiliknya

Surat nikah pasangan dari tahun 1872 telah pulang ke keturunan mereka yang masih hidup, dan itu semua berkat pengguna media sosial yang cerdik dan luar biasa.

Sertifikat berusia 149 tahun, milik William DeWorth dan Katharine “Katey” Havey, ditemukan di dalam bingkai foto yang berisi lukisan seorang gadis dan anjing muda, menurut Karmen Smith, direktur eksekutif Hope Harbor Home Inc.

Lukisan itu telah disumbangkan ke salah satu lokasi Toko Barang Bekas Harapan di Bolivia, Carolina Utara, yang bertujuan untuk melayani para penyintas kekerasan dalam rumah tangga dan keluarga mereka.

Staf di lokasi Bolivia memberi tahu Smith tentang sertifikat itu setelah mereka menemukannya dalam bingkai selama proses sanitasi pada akhir Juli.

Relawan yang berhasil menemukan keturunan hidup DeWorth dan Havey adalah ahli silsilah Connie Knox. Foto. dok: Pixabay

Dia melanjutkan untuk mengambil foto lukisan dan sertifikat dan membagikan gambar di Facebook dengan harapan menemukan kerabat yang masih hidup.

“Saya memiliki ingatan yang sangat konkret tentang kakek saya yang menceritakan kisah demi kisah tentang keluarga, ” kata Smith.

“Saya pikir itu sangat indah karena itu benar-benar memberi Anda kesadaran bahwa orang tua Anda, meskipun Anda baru mengenal mereka saat Anda masih hidup, mereka memiliki seluruh hidup ini sebelum Anda.”

Meskipun fontnya sudah rusak, namun banyak pengguna media sosial menyisir catatan publik dan situs pencarian keluarga, kata Smith.

Relawan yang berhasil menemukan keturunan hidup DeWorth dan Havey adalah ahli silsilah Connie Knox, yang menggunakan Ancestry.com untuk melakukan pencarian.

Knox dan beberapa orang lainnya mengirim pesan kepada Irene Cornish, cicit dari DeWorth dan Havey. Dia datang pada 9 Agustus, dan mengkonfirmasi bahwa akta nikah memang milik keluarganya di bawah posting Facebook yang dibagikan Smith.

Cornish pergi ke North Carolina dari rumahnya di New York pada hari Senin untuk mengambil sertifikat dan lukisan.

“Saya masih agak terkejut dengan semua itu,” kata Cornish.

Melihat jumlah orang yang bersatu untuk membantunya memulihkan bagian sejarah keluarga yang hilang adalah faktor yang menghangatkan hatinya. Foto. dok: Pixabay

Dia mencatat bahwa dia tidak hanya terkejut “bahwa dokumen yang lama masih ada,” tetapi dia terkesan bahwa itu bertahan dalam bingkai foto.

Melihat jumlah orang yang bersatu untuk membantunya memulihkan bagian sejarah keluarga yang hilang adalah faktor yang menghangatkan hatinya.

DeWorth dan Havey menikah pada April 1872 di negara bagian New Jersey. Cornish mengatakan dia tidak yakin bagaimana sertifikat itu berakhir di North Carolina karena dia tidak memiliki keluarga di sana. Cornish berencana untuk terus meneliti kakek buyutnya. Dia juga berkonsultasi dengan arsiparis profesional untuk mengetahui cara melestarikan dan membuat salinan dokumen keluarganya.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi