Semanggi Alas Satukan Ratusan Pendaki di Bukit Krapyak Mojokerto

2 April 2022, 12:55

Komunitas pecinta alam Semanggi Alas yang tergabung dalam Super Friends Surabaya merayakan Anniversary ke-4  dengan menyatukan ratusan pendaki di Bukit Krapyak, Pacet, Mojokerto

Kali ini mereka mengumpulkan puluhan komunitas pecinta alam di Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. Mengusung tema kebersamaan sebagai momen kembalinya para pendaki ke gunung.

Dalam kegiatan yang dihadiri 650 pendaki diisi dengan sharing bersama perwakilan dua komunitas besar pecita alam, yakni dari Forum Bersama Lintas Komunitas (Formalitas), kemudian forum Team Solidaritas yang anggotanya adalah para pendaki senior. Dua perwakilan dari forum besar ini berbagi pengalaman dengan para pendaki lainnya.

“Khusus untuk perayaan Anniversary Semanggi Alas tahun ini kami gunakan untuk kebersamaan, ngumpul sama-sama, ngopi bareng, sambil sharing. Ini sesuai dengan tema kami yakni Kolaborasa atau jika diartikan adalah kolaborasi menyatukan rasa,” jelas Roky Yulmezak salahsatu pendiri Semanggi Alas, Sabtu (2/4/2022).

Suasana kebersamaan dalam kegiatan ini juga makin kental dengan adanya penampilan band King Masmus yang menghangatkan suasana di Bukit Krapyak yang memiliki ketinggian 900 MDPL ini. Para pendaki di pagi harinya juga diajak senam bersama sambil bagi-bagi doorprize menarik.

Perayaan Anniversary Semanggi Alas tahun 2022 diisi berbagai kegiatan untuk kebersamaan bersama para komunitas pecinta alam di Bukit Krapyak Mojokerto. Foto: Istimewa

Kepanitiaan dalam acara yang dilaksanakan selama dua hari yakni 12-13 Maret 2022 ini juga hasil dari kolaborasi berbagai komunitas pecinta alam. Antara lain Kerapala Sidoarjo, Memori Adventure Gresik, Pendaki Pasrah Surabaya, Gembel Rimba Lamongan, Kopala Indonesia Lamongan serta dari komunitas Uprise Surabaya seperti Super Friends Semanggi Alas sendiri.

“Dalam acara ini kami menerapkan protokol kesehatan. Kami juga selalu menyiapkan tim medis dari posko relawan bersama dalam berbagai acara kami, kemarin juga standby mobil ambulans,” jelas Roky yang biasa dipanggil Growak ini di kalangan pendaki.

Pihaknya juga memberikan ruang kepada para pendaki untuk membuka lapaknya, seperti angkringan bersama serta penjualan peralatan outdoor pendakian.

Novi Anto Dwi Prasetyo Ketua Panitia acara yang juga anggota Semanggi Alas mengatakan Bukit Krapyak dipilih selain untuk mengenalkan tempat ini juga karena akses lebih mudah. Bukit Krapyak juga sudah menghijau setelah tahun-tahun sebelumnya banyak dilakukan penanaman oleh beragam komunitas pecinta alam.

Farris Affandi Kordinator Super Friends Surabaya mengatakan momen ulang tahun Semanggi Alas ini juga digunakan sebagai ajang silaturahmi para pendaki setelah lama tidak melakukan kegiatan di gunung.

“Terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dari berbagai wilayah Jawa Timur serta sebagian dari Jawa Tengah seperti dari Boyolali,” ungkapnya.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh peserta karena juga telah mentaati protokol kesehatan dengan baik, terima kasih juga karena telah menjaga alam dan tetap lestari di Bukit Krapyak,” pungkasnya. (ipg)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi