Selama Ramadan, Pengguna Zakat Digital Tumbuh 30 Persen

3 April 2022, 18:53

Selama Ramadan, Pengguna Zakat Digital Tumbuh 30 Persen

loading…

Peminat zakat lewat digital terus tumbuh. Startup OY! Berupaya untuk membantu badan Baznas mempermudah menyalurkan zakat. Foto: dok OY! Indonesia

JAKARTA – Peminat zakat lewat digital ternyata tumbuh tinggi. Tepatnya, mencapai 30 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Head of Digital Fundraising Division Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Fahrudin.

”Di masa pandemi, pembayaran zakat yang dihimpun lewat saluran-saluran digital mengalami peningkatan hingga 30%,” ujarnya.

Menurut Fahrudin, sejak 2016 Baznas sendiri telah mendorong pemanfaatan platform media digital sebagai instrumen pembayaran zakat. Untuk itu, mereka bekerja sama dengan penyedia platform seperti OY! Indonesia. OY! Indonesia adalah perusahaan financial technology yang berfokus pada layanan money moving.

”Kami melihat adanya kebutuhan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran zakat secara online. Khususnya pada saat Ramadan dengan fitur payment checkout link,” ujar Fahrudin. ”Di masa pandemi, masyarakat lebih suka menggunakan pembayaran zakat online karena lebih praktis, dan dapat dengan mudah mereka lakukan melalui smartphone atau gadget mereka,” tambahnya.

CEO OY! Indonesia Jesayas Ferdinandus mengatakan, sebagai money movement aggregator, pihaknya ingin membantu lebih banyak pelaku bisnis melalui produk dan solusi finansial yang dapat menyederhanakan proses perputaran dan pengelolaan keuangan.

”Sehingga mereka dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting; yaitu pengembangan usaha/ bisnis. Sebab, layanan payment acceptance link memungkinkan pengguna melakukan transaksi secara mudah, aman, dan nyaman,” bebernya.

Untuk menambah kemudahan akses menyalurkan zakat, OY! Indonesia juga telah menghubungkan kolaborasi dengan Baznas ke dalam kerjasama yang telah terjalin antara OY! dengan Pasar Induk Jatiuwung. Hal tersebut dilakukan agar dapat memberikan sarana penyaluran zakat bagi para merchant di pasar melalui sistem milik OY! selama Ramadan.

BACA JUGA: Tips Bikin Foto Epic untuk Media Sosial lewat Kamera Galaxy S22 Series

Selain itu, OY! Juga memperkenalkan program Ramadan bagi pelaku bisnis UMKM melalui program #LangkahMenujuBerkah untuk mendukung penuh operasi bisnis UMKM selama Ramadan ini.

”Seluruh pelaku UMKM yang bergabung pada program ini berhak memiliki kesempatan untuk mendapatkan 1 unit sepeda motor untuk 1 UMKM dengan transaksi terbanyak pada periode 5 April-31 Mei 2022,” ungkap Jesayas.

(dan)


https://tekno.sindonews.com/read/732145/207/selama-ramadan-pengguna-zakat-digital-tumbuh-30-persen-1648973094

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi