Selain Trimah, Ini 3 Kasus Orangtua “Dibuang” Anaknya, Ada yang Ditinggal di Pinggir Jalan

3 November 2021, 8:12

ilustrasi lansia

KOMPAS.com – Cerita Trimah (69), warga Magelang yang dititipkan di panti jompo Griya Lansia Husnul Khatimah di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang oleh anak-anaknya viral di media sosial.

Trimah tinggal di kamar lansia 10 sejak 27 Oktober 2021.

Cerita Trimah menjadi viral berawal dari unggahan foto surat pernyataan tiga anak Trimah yang menitipkan ibunya di panti jompo karena sibuk bekerja. Foto tersebut diunggah oleh pemilik yayasan,

Selain itu, di surat tersebut berisi pernyataan anak-anak Trimah yang juga menyerahkan prosesi pemakamaman sang ibu kepada pihak panti jompo, bila kelak Trimah meninggal dunia.

Baca juga: Viral Ibu Trimah Dititipkan 3 Anaknya di Panti Jompo Malang, Ini Kata Sosiolog

Selain Trimah, berikut tiga kasus orangtua dibuang anaknya yang menjadi perhatian publik:

1. Ditinggal di jalan saat malam takbiran

Samanto saat berada di Griya Werda, kelolaan Dinas Sosial Kota Surabaya, Jumat (8/7/2016). SURYA ONLINE/ HABIBUR ROHMAN Samanto saat berada di Griya Werda, kelolaan Dinas Sosial Kota Surabaya, Jumat (8/7/2016).

Cerita orangtua yang dibuang anaknya tejadi pada tahun 2016. Dia adalah Samanto, warga Brebeg, Nganjuk, Jawa Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Samanto bercerita ia ditelantarkan anak kandungnya di salah satu ruas jalan di Kota Surabaya saat malam Hari Raya Idul Fitri.

Saat masih muda, Samanto bekerja sebagai penjaga keamanan di pabrik makanan ternak.

Sumanto becerita, selain membuang dirinya, anaknya juga sempat menyiksa ibu kandung sendiri. Ia sendiri mengaku tak tahu keberadaan sang istri.

Aku stroke, anakku kejem. Nang omah mak’e yo di-idek-idek, aku wis ngomong, Nduk iki wong tuwomu, ojok tego ngono (Aku stroke, anakku kejam. Di rumah ibunya juga diinjak-injak, aku sudah bilang, Nduk ini orangtuamu, jangan setega itu),” ucapnya sambil menerawang mengingat kondisi rumahnya di Brebeg, Nganjuk, Jumat (8/7/2016).

Baca juga: Kisah Trimah, Ibu yang Dititipkan ke Panti Jompo oleh Anak-anaknya…


https://regional.kompas.com/read/2021/11/03/055000278/selain-trimah-ini-3-kasus-orangtua-dibuang-anaknya-ada-yang-ditinggal-di

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi