Selain Banyak Mudharat, Pengamat Juga Sebut BuzzeRp Difungsikan Untuk Alat Pembunuhan Karakter

17 June 2021, 11:48

Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto

RIAU24.COM¬†–¬†Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto menilai jika keberadaan BuzzerRp dianggap lebih banyak mudharatnya serta keberadaannya merusak ruang digital.

“Keberadaan penggaung atau BuzzerRp lebih banyak mudharatnya, keberadaan mereka merusak ruang digital, mendistorsi ruang demokrasi dan merusak kohesifitas kebangsaan,” kata Satyo dilansir dari rmol.id, Rabu 16 Juni 2021.

Baca Juga: Potret Yang Dibagikannya Disebut Bugil dan Orangtua Akan Dapat Siksa Akhirat, Tamara Bleszynksi Ancam Perkara Hukum

Dia kemudian menyebutkan, dalam beberapa peristiwa politik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, segelintir BuzzerRp memanfaatkan ruang digital untuk melakukan desepsi atau tindakan penyusupan.

Satyo kemudian menyebutkan, BuzzerRP difungsikan untuk alat pembunuhan karakter, menyebarkan hoax hingga menebar kebencian. Analisa Satyo, apa yang telah dikerjakan BuzzerRP tidaklah gratis.

Baca Juga: Fadli Zon Kritik Nelayan Aceh Dihukum 5 Tahun Karena Tolong Warga Rohingya, Netizen: Negara Pancasila Tapi Tidak Mencerminkan Pancasila

Menurut pandangan Satyo, sampai saat ini BuzzerRP terkesan kebal hukum. Sebabnya cabang kekuasaan saat ini kerap menjadi operator BuzzerRP.

“Berbagai upaya telah ditempuh untuk meredakan gerak BuzzerRp yang destruktif, namun kadang keadilan hukum tidak sanggup menjangkau mereka akibat hukum tidak independen,” jelasnya.


https://www.riau24.com/berita/baca/1623898923-selain-banyak-mudharat-pengamat-juga-sebut-buzzerp-difungsikan-untuk-alat-pembunuhan-karakter

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi