Sejarah Hari Ini: 16 September, Peringatan Hari Ozon Internasional

16 September 2021, 20:01

Sejarah Hari Ini: 16 September, Peringatan Hari Ozon Internasional

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini mencatat tragedi dari panggung hiburan Indonesia. Pada 16 September 1979, satu bagian Stadion Teladan Medan ambruk saat gelaran konser konser musik Adi Bing Slamet. 10 Orang meninggal dalam peristiwa ini. 16 September juga tercatat sebagai Hari Ozon Internasional . PBB menyatakan tujuan peringatan Hari Ozon Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lapisan ozon yang menurut peneliti telah menipis sebanyak 30-40% dalam satu dekade.

1979: Stadion Teladan Medan Ambruk

Stadion Teladan Medan. (foto: stadionsepakbola.wordpress)

Petaka di Stadion Teladan Medan berawal konser musik yang menampilkan dari Adi Bing Slamet, Iyut Bing Slamet dan, Ira Maya Sopha. Konser ini diadakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumatera Utara.

Dilansir dari Harian Kompas, stadion dengan total kapasitas maksimal yakni sebanyak 30.000 penonton saat itu diiisi oleh 91.000 penonton. Dalam tragedi tersebut, diketahui sebanyak 10 orang meninggal dunia sementara puluhan lainnya luka-luka. Ini disebabkan oleh massa yang terlalu banyak sehingga membuat penonton lainnya berdesakan sampai terinjak-injak. Korban anak-anak yang tewas diketahui berusia 5 hingga 12 tahun.

Stadion ini mulai dibangun pada tahun 1951 dan selesai dua tahun setelahnya. Pembangunan stadion yang terletak di Jalan Stadion, Teladan Barat, Medan Kota, Kota Medan ini dilakukan sebagai persiapan untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-3 di Medan, Sumatera Utara. Pelaksanaan PON itu sendiri berlangsung 20-27 September 1953. Stadion ini dirancang oleh seorang arsitek kenamaan di masa itu, yakni Ir Bwan Tjie Lim.

Stadion Teladan ini pun tidak hanya difungsikan sebagai tempat pertandingan sepak bola saja, tetapi juga digunakan untuk sejumlah konser musik atau pergelaran lainnya. Termasuk konser musik Adi Bing Slamet pada 16 September 1979 yang berubah menjadi tragedi.

1987: Hari Ozon Internasional

PBB menetapkan 16 September sebagai Hari Ozone Intenasional. Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lapisan ozon yang menurut peneliti telah menipis sebanyak 30-40% dalam satu dekade.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 16 September sebagai Hari Ozon Internasional, sesuai dengan tanggal penandatanganan Protokol Montreal, 16 September 1987. Maksud dari penetapan peringatan itu untuk selalu mengingatkan kepedulian masyarakat internasional tentang lapisan perisai bumi tersebut.

Indonesia menetapkan komitmen untuk ikut serta secara aktif dalam upaya perlindungan lapisan ozon melalui Keputusan Presiden No. 23/1992 tentang Ratifikasi Konvensi Wina dan Protokol Montreal.

Kerusakan lapisan ozon terdeteksi pertama kali pada pertengahan tahun 1974, ketika para ahli dan peneliti dari Inggris yaitu British Antarctic Survey (BAS) mengumumkan, lapisan ozon di atas Hally Bay, Antartika, menunjukkan adanya penipisan drastis yang diakibatkan reaksi kimia klorin dan nitrogen. Observasi di Halley Bay tersebut tercatat bahwa penipisan yang terjadi mencapai sekitar 30-40 persen dalam satu dekade. Penemuan kerusakan lapisan ozon ini dianggap sebagai salah satu bencana lingkungan terbesar abad ini.

Ozon merupakan lapisan penting yang melindungi bumi yang terbentuk dari gas dan letaknya di atmosfer. Salah satu fungsi lapisan ozon untuk bumi yakni melindungi bumi dari gangguan luar angkasa, contohnya sinar matahari ultraviolet. Karena ultraviolet akan menyebabkan kanker kulit, kerusakan tanaman juga biota laut, serta melindungi bumi dari adanya pemanasan global. Partisipasi yang dapat dilakukan untuk menjaga lapisan ozon bumi tersebut dapat dengan cara mengurangi penggunaan Air Conditioner (AC), mengurangi penggunaan aerosol, hairspray, dan lain-lain. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia .


Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi