Sehat dan Bugar dengan Tips Olahraga Berikut

30 May 2022, 17:04

Sejumlah siswa melakukan peregangan ketika mengikuti  pelajaran olah saat pembelajaran tatap muka di SMP 26 Depok, Depok, Senin, 24 Januari 2022. Pemerintah Kota Depok mulai menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh atau 100 persen mulai hari ini. ANTARA/Asprilla Dwi Adha

TEMPO.CO, JakartaOlahraga dan cukup nutrisi adalah cara menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat dan berenergi. Melansir dari Very Well, saat pandemi berakhir maka masyarakat akan mulai melakukan aktivitas normal di luar rumah.

Agar tubuh selalu fit dan berenergi, simak tips olahraga sehat dan bugar berikut.

Pertahankan pola makan sehat
Konsumsilah makanan dan minuman dengan bijak untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap prima. Menurut KidsHealth, atlet remaja mungkin membutuhkan 2.000-5.000 kalori sehari, tergantung seberapa aktif mereka. Untuk tetap enerjik dan menjaga tubuh tetap bugar, makanlah tiga kali makanan sehat dan kaya nutrisi per hari disertai 2-3 camilan di antara waktu makan itu dan banyak minum air agar tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

Konsumsi banyak protein untuk membantu otot tumbuh dan pulih, banyak karbohidrat sehat untuk energi, dan jauhi makanan olahan sebanyak mungkin. Mengembangkan pola makan sehat akan membantu mempertahankan kebiasaan sehat saat tumbuh dewasa.

Istirahat
Bila aktif berolahraga, maka sediakan waktu berkualitas untuk diri sendiri. Pikiran yang stres dan otot yang tegang tidak akan membuat sekolah dan pekerjaan menjadi berkualitas. Sediakan waktu sekitar 1-2 jam semalam atau satu hari penuh dalam seminggu. Tonton acara favorit, mandi air hangat, atau dengarkan musik favorit. Aktivitas santai dan tidur berkualitas yang cukup bisa membantu kesehatan mental untuk menghadapi tantangan besar.

Latihan keseimbangan
Rencanakan latihan kekuatan untuk mendapatkan latihan aerobik yang cukup dan melatih semua kelompok otot utama. Lakukan berbagai latihan seperti lari dan berenang untuk latihan seluruh tubuh. Ini adalah kunci memulihkan keseimbangan otot di seluruh tubuh dan mencegah ketegangan, keseleo, cedera sendi dan saraf.

Peregangan
Seperti cukup minum air atau tidur, peregangan sering diabaikan untuk menjaga kesehatan selama olahraga. Setelah melakukan pemanasan saat olahraga, penting untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudahnya. Selama berolahraga, otot-otot dalam keadaan memendek dan peregangan membantu mengembalikan keseimbangan otot.

Manfaatkan aktivitas pendinginan dan peregangan statis dan dinamis untuk mendapatkan hasil terbaik dari latihan. Tips sehat saat bertambah usia, tetaplah lakukan peregangan. Ini membantu menjaga pinggul dan paha belakang fleksibel dan menjaga postur tubuh kuat dan seimbang serta sendi elastis seiring bertambahnya usia.

Kenali peralatan
Pastikan membeli peralatan yang sesuai dengan tubuh dan kemampuan serta yang akan bertahan selama ratusan jam latihan dan olahraga. Pakailah sepatu yang sesuai dan pastikan memiliki tapak yang tahan lama. Ganti setiap 600 km atau 3-4 bulan untuk kinerja yang optimal.

Baca juga: 5 Jenis Senam Lantai dan Masing-masing Manfaatnya


https://gaya.tempo.co/read/1596539/sehat-dan-bugar-dengan-tips-olahraga-berikut

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi