Sayangkan Penetapan Emil Dardak Sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim, Ketua DPC Demokrat Malang: Kita Anggap Tidak Demokratis

3 April 2022, 16:08

Terkini.id, Jakarta – Penetapan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jawa Timur dinilai tidak demokratis.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPC Demokrat Kabupaten Malang, Ghufron Marzuki. Ia menyayangkan keputusan DPP Demokrat.

Menurutnya karena Ketua Demokrat Jatim yang baru, dipilih oleh level pusat sehingga musyawarah daerah (Musda) yang telah dilaksanakan menjadi percuma.


Baca Juga: AHY Sentil Penundaan Pemilu 2024, Netizen: Ekspresi Wajah Ketakutan Tak…

“Jadi kami selaku pemegang suara Musda menyayangkan terhadap  keputusan yang kita anggap tidak demokratis,” kata Ghufron sebagaimana dilansir dari Cnnindonesiacom. Minggu, 3 April 2022.

Ghufron menilai selama ini Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selalu meminta kader untuk berdemokrasi yang baik. Namun itu tak diperlihatkan AHY di Muda Demorat Jatim.


Baca Juga: Mengaku Dapat Tawaran Gabung di Partai Lain, IAS: Ada Yang…

“Nyatanya di internal sendiri tidak bisa demokratis bagus. Nanti apa yang bisa kita jual, tunjukkan ke masyarakat. Sebuah partai berkeadilan, menjunjung demokratis tapi diajari seperti itu,” ujarnya.

Selain Ghufron, Ketua DPC Demokrat Kota madiun, Istono juga menilai keputusan DPP Demokrat tidak demokratis.

Pasalnya, menurut Istono Emil hanya memperoleh dukungan 13 DPC, sementara rivalnya Bayu Airlangga dapat suara yang lebih besar yakni 25 DPC.


Baca Juga: Mengaku Dapat Tawaran Gabung di Partai Lain, IAS: Ada Yang…

“Saya kira tidak perlu Musda kalau ujungnya ditentukan elite partai. Demokrat yang selama ini menyuarakan pentingnya kepemimpinan yang demokratis di era reformasi ini, akhirnya tenggelam dengan keputusannya sendiri dalam menentukan ketua di Jatim,” kata Istono.

Mengenai penunjukkan Ketua DPD Jatim yang baru, Istono meminta AHY untuk menjelaskan kepada 25 DPC pendukun Bayu Airlangga.

Menurutnya, selama ini Bayu Airlangga berjasa besar dalam membangun jaringan di Jawa Timur.

Sebulumnya, AHY resmi memilih Waki Emil Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim.

Emil dipilih menakhodai Demokrat Jatim 2022-2027 dalam Musyawarah Daerah (Musda) beberapa waktu lalu. Dalam pemilihan ini ia bersaing dengan Bayu Erlangga yang merupakan menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo).


https://makassar.terkini.id/sayangkan-penetapan-emil-dardaksebagai-ketua-dpp-demokrat-jawa-timurketua-dpc-demokrat-malang-kita-anggap-tidak-demokratis/

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi