Satgas: Tunggu Surat Edarannya!

3 April 2022, 7:03

RM.id  Rakyat Merdeka – Warga yang belum vaksin booster atau dosis ketiga tetap diizinkan mudik lebaran ke kampung halaman. Asalkan, memenuhi syarat yang telah ditentukan Satgas Penanganan Covid-19.

Kepala Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19, Suharyanto mengatakan, pihaknya tengah membuat konsep pengaturan perjalan­an dalam negeri (PPDN) saat mudik Lebaran 2022. Surat Edaran (SE) terkait aturan mudik akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

“Seiring terkendalinya laju Covid-19 di Indonesia dan arahan Presiden Joko Widodo, masyarakat diperbolehkan mudik Lebaran dengan syarat sudah melakukan vaksinasi primer dan booster,” ujar Suharyanto.

Namun, Suharyanto mengingatkan pemudik tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah ditentukan pemerintah.

Berita Terkait : Ada Yang Girang Ada Yang Meriang

“Untuk yang sudah vaksin ketiga tidak perlu testing, vaksin dosis kedua tes antigen 1×24 jam atau PCR 3×24 jam. Sementara untuk vaksin dosis pertama, syaratnya wajib menunjukkan PCR 3×24 jam,” jelas Suharyanto.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan, untuk pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus dan belum bisa menerima vaksinasi Covid-19, diwajibkan menyertakan tes PCR 3×24 jam dan melampirkan surat keterangan dari dokter umum atau dokter rumah sakit pemerintah setempat.

Selanjutnya, untuk anak usia di bawah 6 tahun, tidak perlu melakukan testing, namun wajib didampingi oleh pendamping yang telah memenuhi syarat perjalanan.

“Untuk anak usia 6-17 tahun, tidak testing, namun harus menunjukkan vaksinasi dosis kedua,” imbuhnya

Berita Terkait : Keren, Medical Center MotoGP Mandalika Canggih Berstandar Internasional

Kendati demikian, Suharyanto tetap meminta masyarakat tetap berhati-hati dan waspada terhadap penularan Covid-19. Kata dia, berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, peningkatan mobilitas saat libur panjang selalu diikuti dengan kenaikan kasus positif Covid-19.

“Dan menjadi salah satu kontribusi adanya gelombang kasus Covid-19,” jelasnya.

Akun @Leony_Priscilla mengatakan, Pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik. Sehingga, kata dia, semua masyarakat mengincar vaksin booster agar aman dan melindungi diri dan keluarga.

“Lebaran tahun ini sangat begitu Indah bisa bertemu dengan sanak saudara. Namun prokes dan vaksin booster jangan lupa,” kata @Huwaidaizhati.

Berita Terkait : Satgas Setuju

Akun @DewiOzza memprediksi akan ada 900 ribu kendaraan mudik di tahun 2022. Oleh karena itu, kata dia, mudik ini harus menjadi momentum Pemerintah untuk menggenjot angka vaksin booster kepada masyarakat.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/nasional/118934/belum-booster-boleh-mudik-satgas-tunggu-surat-edarannya

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi